Yellow Caturra Adalah Jenis Hitam Manis Dari Flores

Anda tentu mengetahui Kopi sudah populer di seluruh belahan dunia. Biji kopi biasa diseduh serta dibuat minuman dengan citarasa yang ciri khas. Salah satu yang mempunyai aroma kuat serta rasa yang nikmat ialah kopi yellow caturra yang telah populer di seluruh dunia. Kopi yang datang dari wilayah yang berada di Negara Kolombia ini mempunyai rasa manis serta pahit yang sangat berkharistik.

Komoditi biji kopi ini termasuk juga tipe yang bisa tumbuh dimanapun termasuk juga Indonesia. Tetapi ada banyak wilayah yang tidak dapat ditumbuhi oleh tipe kopi ini hingga harus import dari negara Amerika Serikat. Dengan kesenangan yang dipunyai pasti beberapa pencinta kopi makin berasa mujur sebab tipe kopi nikmat ini bisa tumbuh di Indonesia.

Asal Usul Adanya Kopi Yellow Caturra

Kopi ini datang dari Negara Kolombia, Kosta Rica, serta Nikaragua. Kemudian karena memang citarasa yang dipunyainya, kopi ini mulai di kembangkan di beberapa negara lewat perdagangan. Kopi ini mulai di kembangkan di Negara Brazil serta beberapa negara yang lain termasuk juga Indonesia. Tipe kopi ini bisa tumbuh di wilayah dataran tinggi dengan 800 mtr..

Kopi ini bisa tumbuh di Indonesia, sebab letak geografisnya yang ideal serta sangat mungkin untuk perkembangannya. Banyak petani kopi yang sekarang ini secara khusus mengembangkan pertanian kopi yellow caturra. Dengan makin bertambahnya peminat serta yang suka kopi tipe ini karena itu petani-petani kopi ini juga makin banyak.

Karakter Kopi Yellow Caturra

Tipe kopi ini mempunyai pohon yang termasuk juga mini/ kecil jika dibandingkan pohon kopi yang lain. Kopi ini banyak tumbuh di beberapa daerah yang mempunyai ketinggian di atas 800 mtr.. Dan mempunyai iklim temperatur yang cukup dingin. Kopi yellow caturra dibagi jadi dua tipe yakni bright acidity serta low to medium bodi.

Tetapi di Indonesia sendiri, tipe kopi caturra mempunyai varietasnya sendiri yakni yellow caturra dan red caturra. Dimana ke-2 tipe ini saling mempunyai kelebihan serta kenikmatannya berbeda saat di seduh.

Karakter kopi tipe ini ialah pohonnya yang kecil serta buah kopi yang berwarna sedikit kekuningan. Hal itulah yang membuat ini di ucap dengan yellow caturra. Citarasa yang dipunyai juga termasuk manis. Hingga benar-benar pas buat Anda pecinta minuman manis yang mempunyai aroma ciri khas serta kuat. Tipe kopi ini sudah jadi diva di sejumlah tempat diantaranya di Indonesia sebab kekhasan rasa yang dipunyainya.

Jenis Kopi Caturra

Di Indonesia varietas kopi caturra bisa dibagi jadi dua tipe. Yakni yellow caurra dan juga red caturra. Tetapi kopi yellow caturra memang lebih populer dibandingkan red cautrra. Sebab yellow caturra mempunyai warna buah yang kekuningan.

Di Indonesia, penanaman kopi yellow caturra bisa dengan mudah Anda lakukan di wilayah Flores Papua. Sebab proses penanamannya yang tidak gampang serta cuma bisa tumbuh di wilayah dataran tinggi. Kualitas yang dibuat kopi ini benar-benar bergantung proses dari penanaman serta kualitas tanah yang dipakai.

Sedang untuk kopi red caturra ini banyak di dapatkan di dataran tinggi Indonesia yang lain yakni tanah Dieng. Karakter pohon sama juga dengan yellow caturra tetapi buahnya tidak berwarna kuning. Kopi tipe ini banyak juga disukai oleh penggemar kopi sebab keserupaan rasa-rasanya yang sama juga dengan yellow caturra. Tetapi dapat dibedakan rasa-rasanya waktu tegukan paling akhir. Sebab susunan ampas kopi yang lain di antara Kopi yellow caturra dengan red caturra.

Kekhasan Kopi Yellow Caturra

Kopi yellow caturra yang cuma tumbuh di dataran tinggi ini jarang-jarang sekali diketemukan dengan gampang. Sebab proses penanamannya yang tidak gampang serta petani sebaiknya mempunyai pengetahuan spesial agar bisa meningkatkan tipe kopi ini. Tetapi kesulitan dalam merawatnya benar-benar berkorelasi dengan hasil akan kita alami waktu minum kopi ini.

Memiliki citarasa unik serta ciri khas yakni manis dan pahit yang seimbang sehingga membuat tipe kopi ini mempunyai banyak fans. Aroma kopi yellow caturra yang kuat serta ciri khas membuat hasrat kita makin bertambah ketika mau meminumnya. Rasa kopi yang kuat akan memberikan kesan-kesan strong tetapi manis disetiap tegukannya. Kopi ini termasuk juga tipe kopi yang banyak dicari beberapa pencinta kopi Indonesia.

Reply