Teknik Penyajian Kopi Manual Brewing yang Menghasilkan Rasa Enak Sempurna

Bagi siapa saja yang memang sangat menyukai minuman kopi harus menikmtai kopi jenis ini. Tekni Kopi Manual Brewing adalah salah satu yang sering di pakai pada beberapa cafe shop, sehingga tidak mengherankan jika kopi yang di hasilkan sangat enak.

Kopi yang di proses dengan tekni Manual Brewing akan sangat beragam, tergantung dari bagaimana jenis tekni yang di gunakan. Penasaran dengan tekni tersebut ? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Metode Manual Brewing Pada Kopi Arabika

Kopi Arabika adalah jenis kopi yang paling sering di gunakan pada hampir semua cafe shop yangada di dunia ini. Dengan menggunakan metode Manual Brewing, kopi ini berhasil di sulap menjadi rasa yang sangat mantap. Di bawah ini adalah beberapa metode Kopi Manual Brewing yang bisa Anda coba, antara lain:

French Press

Teknik manual brewing pertama adalah French Press, biasanya ini juga di kenal sebagai coffee press. Cara penyajian kopi dengan teknik ini pada umumnya menggunakan gelas khusus. Apabial Anda pernah melihat bentuk gelas dengan alat penekan di bagian tutup gelas di beberapa cafe shop, alat yang Anda lihat itulah yang disebut dengan french press. Cara penyeduhan kopi dengan teknik adalah dengan membiarkan kopi selama 4 menit dengan takaran 1 liter air, dimana hal itu sambil di tekan bagian atas secara perlahan hingga ampas kopi tertekan ke dasar. Jika sudah tertuang semuanya, Anda tinggal menuangkan kopi ke dalam cangkir.

Pour Over

Apakah Anda pernah merasakan jenis kopi yang memiliki rasa lembut ? Yaps, apabial Anda ingin merasakan kopi yang lebih lembut, maka Anda bisa menggunakan teknik yang satu ini. Teknik pembuatan kopi dengan Pour Over menggunakan alat corong gelas dengan kemiringan 60 derajat dengan guratan kecil yang terdapat di dalam corongnya. Pada saat di lakukan penyajian, seorang barista akan meletakkan wadah V60 di atas cangkir, disana bisa menaruh kopi pada wadah V60 yang telah dilapisi penyaring dan tuang air panas dari ketel dengan gerakan memutar supaya kopi teraduk dengan sempurna.

Aeropress

Teknik Aeropress adalah jenis metode yang cukup terkenal sejak beberapa waktu yang lalu. Teknik yang yang satu ini pertama kali ditemukan tahun 2005, dan mungkin bisa dikatakan metode yang modern. Teknik yang satu ini menggunakan tekanan udara dalam pembuatan kopinya secara keseluruhan. Biasanya dengan menggunakan alat khusus seperti suntikan, seornag barista akan menekan kopi yang sudah diberi air panas  sehingga tersaring ke dalam cangkir yang ada di bawahnya.

Cold Brew

Pada dasarnya Cold brew tidak hanya kopi hitam yang ditambah dengan es atau kopi hitam yang didinginkan. Untuk cara membuat cold brew ini akan memerlukan waktu yang lama dan dibuat dalam keadaan yang telah tersedia bukan dibuat berdasarkan pemesanan seperti yang biasa kita lihat. Dalam hal ini, untuk membuatnya seorang barista memerlukan waktu kurang lebih 12 jam lamanya dengan alat khusus. Dimana kopi bubuk ditetesi air es sehingga air kopi tersebut akan masuk ke gelas penampung untuk mengurangi tingkat keasaman kopi yang di proses.

Tubruk

Untuk teknik pembuatan kopi yang satu ini, mungkin sudah semua orang Indonesia mengetahuinya. Nah, untuk membuat kopi tubruk ini, Anda tinggal menuangkan kopi ke dalam cangkir dan seduh dengan air panas, kemudian anda aduk sampai merata. Jika sudah selesai, Anda tunggu beberapa waktu sampai bubuk kopi mengendap ke bagian bawahnya. Saat waktu diseduh, beberapa orang ada yang mengambil bubuk kopi ini yang mengambang dengan menggunakan sendok kecil agar tidak ada bubuk pada bagian permukaan saat di seduh.

Bagaimana Rasa yang Dihasilkan dengan Teknik Penyajian Kopi Manual Brewing?

Rasa mantap akan dapat di nikmati beberapa orang dengan menggunakan teknik Manual Brewing ini. Seperti yang disebutkan di atas, teknik ini banyak di pakai oleh beberapa cafe shop sehingga menghasilkan rasa sempurna.

Misalkan saja beberapa macam teknik Manual Brewing yang di sebutkan di atas. Dengan menggunakan teknik tersebut akan membuat Anda sebagai penikmat kopi bisa merasakan beragam kopi sempurna.

Reply