Takaran Kopi untuk French Press Agar Menghasilkan Rasa yang Mantap

French Press adalah salah satu cara yang masuk ke dalam teknik manual brewing dalam penyajian kopi. Pada umumnya menggunakan metode French Press akan memberikan rasa dan aroma yang mantap untuk setiap penikmatnya.

Tapi untuk menghasilkan kopi nikmat luar biasa tentu harus melalui beberapa cara dan metode yang mungkin saja bisa di katakan susah. Mengapa demikian? Seperti yang di sebutkan di atas, kala Anda melakukan kesalahan, maka rasa yang di keluarkan biasanya tidak akan sesuai keinginan.

Berapa Takaran Kopi untuk French Press yang Benar?

Pada umumnya takaran kopi akan sangat mempengaruhi rasa pada kopi yang akan Anda sajikan bagi penikmatnya. Biasanya semakin kental sajian kopi, jelas rasa kopi akan semakin pahit. Tapi jelas, takaran memang disesuaikan dengan selera Anda, namun secara umum di bawah ini adalah takaran yang pas untuk menggunakan teknik French Press dalam penyajian kopi, antara lain:

  • Pertama Anda harus mengetahui bahwa penggunaan yang benar dalam French Press adalah antara Ratio 15:1, penggunaan ratio disini adalah 15 ml air per 1 gram kopi. So, yang berarti untuk menghasilkan secangkir kopi menggunakan cangkir kecil 150 ml, bisa dengan menggunakan 10 gram kopi.
  • Anda perlu menyesuaikan dengan kapasitas French Press yang ada.

Cara Menyajikan dengan French Press yang Benar

Setalah Anda mengetahui berapa takaran yang pas untuk membuat kopi French Press yang Benar, maka Anda siap untuk menyajikan kopi. Di bawah ini adalah Cara Menyajikan dengan French Press yang Benar, antara lain:

Gunakan Air Mendidih, diamkan 30 detik

Saat Anda sudah ingin menyajikan kopi dengan teknik French Press maka sangat direkomendasikan untuk menyeduh kopi dengan memakai air yang baru saja mendidih. Selanjutnya Anda didiamkan selama 30 detik sebelum di tuangkan kedalam gelas French press yang telah tersedia. Dalam hal ini rekomendasi suhu air yang pas adalah 93 derajat celcius.

Tuangkan Air, dan Aduk, dan Press

Setelah itu Anda bisa langsung mengaduk dengan perlahan supaya kopi dapat terekstrak dan larut di dalam air secara sempurna. Dalam hal ini Anda bisa menggukan sendok yang berbahan kayu supaya tidak membuat retak French press yang terbuat dari kaca yang tipis.

Jika sudah Anda lakukan, maka Anda bisa menempatkan plunger kopi diatas dan jangan langsung ditekan. Tunggulah sekitar 3-4 menit, baru selanjutnya Anda tekan plunger dengan lembut. Hal ini bertujuan supaya ekstraksi bisa berlangsung dengan sempurna dan tidak terlalu berat kala dalam pemrosesan berlangsung.

Tuang ke Cangkir dan Sajikan

Nah, saat ini Anda telah sampai pada tahap akhir, yaitu Anda hanya perlu menuangkan kopi ke gelas atau cangkir yang telah Anda sediakan. Dalam hal ini Anda jangan terkejut apabila masih terdapat endapan pada cangkir kopi tersebut. Pada dasarany hal itu pada French press, berbeda dengan V Dripper dan metode pour over yang lainnya. Walaupun terdapat endapan, namun cita rasa kopi yang dihasilkan dengan metode French press sangat pas untuk lidah orang Indonesia.

Membuat sajian kopi dengan French Press bukan perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda ingat dan ketahui. Pada dasarnya teknik yang masuk dalam manual brewing ini tidak terlalu terkenal. Penyebabnya cukup sederhana, bagi masyarakat kota, mereka beralasan tidak suka dengan kopi yang masih tersisa endapan kala ingin di santap.

Anda tentu telah mengetahui, tekni penyajian kopi dengan menggunakan French Press mirip dengan kopi tubruk. Tapi dengan French Press, kopi yang di hasilkan akan lebih smoth dan sangat pas untuk semua kalangan.

Dari kalangan remaja saja, banyak dari mereka yang suka French Press sebagai pengganti kopi tubruk asli bukan sebagai kopi yang telah di jual dengan bahan kimia seperti yang di jual di toko tojo terdekat.

Terlebih lagi untuk masyarakat kota yang kurang begitu suka dengan kopi yang masih ada endapan kopinya. Tentu kopi yang di proses dengan French Press akan menjadi pilihan terbaik.

Reply