Rasa Mantap Kopi Toraja yang Eksotis

Kita tahu bahwa sangat banyak jenis kopi yang ada di Indonesia, dan salah satunya adalah kopi toraja. Kopi yang satu ini adalah salah satu varian kopi yang paling populer dan mempunyai kualitas terbaik yang ada di Indonesia Indonesia.

Selain kopi Gayo dan Luwak, Kopi Toraja memiliki nama latin Celeber Kalosi juga sangat dikenal oleh para pecinta kopi dari seluruh dunia. Tidak hanya mempunyai rasa yang khas kopi, tapi juga mempunyai karakteristik yang unik.

Bagaimana Ciri Khas Kopi Toraja Asli?

Karakteristik kopi Toraja asli memang sangat khas, maka dari itu kopi jenis yang satu ini bisa menjadi salah satu kopi terbaik yang di hasilkan oleh tanah Indonesia. Dari bentuknya saja, jenis kopi Toraja asli mempunyai warna cokelat tua dengan bentuk biji yang tidak beraturan, dengan begitu Anda dapat di pastikan dengan mudah mengenali biji kopi jenis ini jika disejajarkan dengan biji kopi lain. Tidak hanya itu saja, yang paling unik dari kopi Toraja asli adalah rasanya yang tidak terlalu pahit.

Kopi ini mempunyai rasa fruity dan after taste atau lebih jelasnya rasa setelah dikonsumsi yang tidak terlalu pahit di lidah. Hal itulah yang menjadikan kopi ini beda dengan varian kopi Indonesia lainnya. Tidak berhenti disana, kopi Toraja asli juga mempunyai aroma yang sangat khas dan harum bahkan ketika Anda baru membuka kemasannya sudah akan langsung menyeruap aromanya. Hal itu di karenakan oleh tanaman kopi Toraja yang ditanam berdampingan lagsung dengan tanaman rempah-rempah sehingga menghasilkan sebuah aroma yang sangat harum, nikmat dan khas.

Untuk memperoleh biji yang benar-benar matang dan mempunyai warna merah tua yang siap untuk segera dipanen, kopi harus diolah dengan metode giling basah atau juga bisa di sebut metode wet-hull method. Jika proses tersebut telah selesai, kopi harus disangrai dan akan disimpan selama beberapa hari untuk mengeluarkan kualitas terbaik dari jenis kopi Toraja. Dan selanjutnya, bbiji kopi baru dihaluskan dan diolah menjadi kopi yang diinginkan oleh setiap konsumen.

Jenis-jenis Kopi Toraja

Kopi toraja adalah kopi yang cukup banyak di minati di Indonesia, dan pada umumnya kopi ini terbagi menjadi 2 jenis yakni toraja arabika dan kopi robusta. Kedua jenis kopi tersebut mempunyai rasa yang berbeda. Untuk lebih menambah pemahaman Anda, silahkan Anda simak ulasan mengenai kopi toraja robusta dan arabika di bawah ini!

Kopi Toraja Robusta

Kopi Toraja robusta ialah sebuah biji kopi yang mempunyai rasa lebih pahit dibandingkan dengan kopi jenis arabika. Mengapa bisa demikian? Hal itu di karenakan kandungan kafeinnya yang mencapai dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan varian kopi yang lainnya. Oleh karena itulah jenis kopi ini mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, dan yang paling penting akan memiminimalkan Anda terserang penyakit.

Kopi Toraja Arabika

Pada umumnya biji kopi Arabika adalah yang paling banyak digunakan pada biji kopi Toraja. Alasan yang paling mendasar adalah pengaruh kontur tanah vulkanis pengunungan Sasean serta ketinggian yang sesuai dengan media tanam untuk tanaman kopi Arabika. Perlu Anda ketahui, tanaman kopi Arabika harus ditanam pada ketinggian antara 700 hingga 2000 mdpl di atas permukaan laut agar bisa tumbuh subur dan sehat.

Dengan di tanam pada tempat yang tinggi, selain akan bias tumbuh dengan subur dan menghasilkan kualitas biji kopi yang baik, tanaman kopi Arabika juga akan terhindar dari HV atau penyakit karat daun. Tidak hanya itu saja, kopi Arabika mempunyai rasa yang lebih ringan dan tingkat keasaman yang lebih rendah dari kopi robusta yang kita kenal. Hal itulah yang membuat kopi arabika lebih banyak ditanam oleh para petani kopi di Toraja dari dulu sampai saat ini.

Bagi Anda yang belum pernah mengenal atau bahkan menikmati kopi toraja, menurut saya akan sangat menyesal. Sebab dengan ciri khas yang di miliki, kopi jenis ini sudah sangat terkenal ke seluruh dunia. Orang luar negeri saja sangat suka, apa Anda masih tidak mau mencobanya ?

Reply