Pemahaman kopi itu apa ?

Kopi, kopi dan kopi, orang mana yang tidak mengenal ini, aroma yang khas serta rasa yang cukup membuat sebagian orang yang menyukainya serta dijadikan teman nongkrong atau jagong dalam bersantai, biasanya akan semakin lengkap jika ditambah dengan rokok (untuk laki-laki).

Pengertian kopi sendiri adalah salah satu nama tanaman yang tumbuh dengan baik di kawasan tropis dengan ketinggian 700 – 1600 mdpl. Berbentuk pohon yang bisa tinggi mencapai kurang lebih 9 meter. Meskipun pohon ini tinggi bisa dilakukan pemangkasan. Bagian dari pohon kopi penting adalah buahnya yang berbentuk mirip ceri, dari buah itulah terdapat biji pilihan yang dijadikan bahan dasar kopi. Tanaman kopi bisa hidup 100 tahun. Kopi yang baik tergantung dari perawatan yang tepat sehingga bisa menghasilkan bertahun-tahun.

Kopi yang sobat nikmati adalah biji pilihan dari olahan sangrai atau roasting sehingga menjadikan hitam serta mengandung karbon diokasida. Setelah disangrai barulah dilakukan penggilingan kopi sehingga menjadi bubuk yang siap untuk diseduh dengan air. Proses-proses inilah membuat aroma kopi yang khas dan tidak tertahankan.

Kemudian munculah macam-macam kopi yang berasal dari wilayah tertentu. Seperti kopi arabika, kopi robusta, serta banyak kopi pilihan dan uniknya, aroma dari tiap kopi tersebut tentu memiliki aroma khas masing-masing. Jika sobat pergi ke toko swalayan lengkap yang menyediakan aneka ragam kopi dari berbagai daerah, dalam kemasan tersebut terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengetahui aroma dari kopi tersebut, tapi ingat buka rasa ya, namun aroma dari kopi yang khas tersebut. Bagi pecinta kopi tentu hal ini sangat diperlukan, mereka paham kopi mana yang menjadi idola atau favorit mereka hanya dari baunya.

Sobat tau kopi yang cukup mahal kopi apa ? Pernah mendengar kopi luwak ?, yaa kopi yang satu ini memang sudah teruji memiliki cita rasa yang luar biasa bagi pecinta kopi atau mania kopi.

Reply