Panduan Menjalankan Usaha Kedai Kopi Pemula

Mungkin bukan rahasia lagi jika kopi meruapakan jenis minuman paling di sukai di dunia. Hal itulah yang membuat banyak pelaku bisnis kedai kopi bisa meraup untung besar. Namun yang pasti untuk meraih sukses bukan hal yang Mudah.

Panduan Menjalankan Usaha Kedai Kopi untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi, saya memiliki beberapa tipa penting agar nantinya usaha tersebut bisa sukses.

Modal Bisnis

Modal salah satu hal penting yang perlu dipikir sebelum mengawali usaha. Untuk mengawali usaha warung kopi, modal Rp1 juta saya kira juga sudah cukup. Karena sebenarnya modal itu kan bergantung. Jika usaha kopi itu sebetulnya modalnya hanya 2, kopi serta air (panas) saja. Jika ingin gunakan alat racik manual yang simpel, asal telah ada tempatnya modal Rp 1 juta juga cukup untuk membeli alatnya serta bahan baku.

Target Konsumen

Sebelum mengawali usaha ini, Anda harus juga pikirkan serta tentukan siapa sasaran yang pas untuk usaha kedai kopi Anda. Sesudah Anda berhasil menentukan sasaran customer, Anda harus juga mulai menganalisanya, berapakah pendapatannya, apa opini mereka mengenai cita rasa kopi, serta apa pekerjaan mereka? Mengerti customer secara baik, bermakna Anda bisa tentukan taktik yang pas seperti tempat usaha, design coffee shop yang pas, harga yang cocok, dan lain-lain.

Mencari Supplier

Cari supplier harus juga sesuai dengan sasaran customer yang sudah Anda tetapkan. Contohnya, Anda tentukan jika sasaran customer Anda ialah kelas menengah ke bawah, bermakna Anda bisa cari supplier dengan gampang di pasar. Tetapi, bila sasaran customer Anda ialah kelas menengah ke atas yang semakin mengutamakan cita rasa dibanding harga, Anda harus cari supplier kopi dengan kualitas yang baik, serta masih kurang dengan kopi bubuk instant yang dipasarkan dipasaran. Jadi, coba mencari supplier kopi yang dapat memberi kualitas baik pada harga yang pas.

Konsep Bisnis

Untuk menghindari kompetisi usaha kopi, Anda harus membuat ide yang kuat. Kecuali untuk memperbedakan usaha Anda dengan usaha kopi yang lain, ide usaha dapat membantu Anda dalam menarik customer sampai membantu juga meningkatkan usaha. Ide yang Anda pakai dalam hal membuka kedai kopi akan punya pengaruh pada perubahan usaha. Contohnya, Anda mengangkat ide minimalis, karena itu menu kopi yang dibikin harus juga memiliki konsep minimalis. Apa saja ide yang dipakai, Anda harus tetap memprioritaskan kenyamanan. Ditambah lagi, banyak orang yang akan menikmati kopi waktu santai.

Lokasi Bisnis

Apa saja usaha yang digerakkan, yang pasti tempat taktiks menjadi salah satu hal yang bisa menentukan apa usaha Anda akan sukses atau tidak. Contohnya, Anda memakai ide kedai kopi simpel, bermakna Anda harus pilih tempat yang bersisihan dengan beberapa orang. Tetapi, bila Anda memakai ide cafe, Anda bisa cari tempat yang bersisihan dengan universitas, mall, sekolah, kantor, dan lain-lain.

Promosi Bisnis

Untuk mengenalkan produk ke semua orang yang ada di sekitar, Anda harus lakukan promo usaha. Dimana promo usaha bisa Anda kerjakan dengan beberapa langkah, dari mulai memakai taktik word of mouth, me-review kedai kopi Anda lewat media sosial, atau memberi potongan harga harga pada customer Anda di hari-hari istimewa seperti ulang tahun, hari natal, dan lain-lain. Kecuali promo usaha, Anda harus juga terus bereksperimen untuk selalu menjaga keberadaan warung kopi serta meningkatkan usaha.

Pada dasarnya saya bukan pengusaha kopi, tapi saya secara rill menulis artikel ini hasil dari survei beberapa kedai kopi yang ada di Indonesia. Dari semua kedai yang saya survei akhir saya bisa menyimpulkan bahwa untuk membuat usaha ini sukses tidak terlalu rumit.

Dalam hal ini, saya mengatakan kuncinya yaitu Tampil beda baik dalam hal rasa dan tampilan, dan yang paling menarik pengunjung Anda adalah harganya yang ekonomis. Pada dasarnya Anda tidak perlu mengambil untung besar, Anda bisa mengambil untung kecil dari segelas kopi. Mengapa kecil? sebab jika harganya murah orang akan banyak berdatangan, secara otomatis itu akan membuat penghasilan Anda banyak juga.

Reply