Mini Grinder Manual, Alat Kopi yang Perlu dimiliki Pertama Kali

Jika kamu menyukai perihal barista, sudah barang tentu kamu membutuhkan alat-alat pembuat kopi bukan ?, terdapat alat yang dibuat dengan system manual maupun automatis. Dari segi harga sudah barang tentu alat yang berbau otomatis lebih mahal. Alat otomatis memang digunakan untuk pengusaha kedai kopi atau coffee shop yang sering ditemui di beberapa café.

Namun untuk manual juga tidak kalah banyak peminatnya, beberapa mengatakan bahwa manual memang penggunaanya tidak terlalu sedikit juga. Alat manual terasa makin asyik jika kita bisa menggunakannya serta mempraktikannya dengan gaya bak barista professional. Hasil rasa yang diraih pula tidak kalah dengan penggunaan otomatis.

Dari sekian banyak alat kopi, hal yang harus dimiliki pertama kali adalah mini grinder manual. Mengapa demikian, sekian proses pembuatan seduh kopi membutuhkan bahan baku yang bisa dipakai. Apa lagi jika bukan biji kopi. Mini grinder manual sendiri digunakan untuk menjadikan biji kopi pilihan menjadi bubuk kopi.

Hasil dari grinder sendiri bisa dibuat hingga bubuk tersebut halus, medium hingga masih agak kasar (maksudnya masih terdapat tekstur yang besarnya tidak sama)  tinggal bagaimana mengaturnya pada alat tersebut. Terdapat berbagai macam desain model grinder manual dipasaran. Dari yang model klasik hingga model yang sederhana berbentuk tabung namun memiliki hasil yang tidak bisa diremehkan.

Macam-Macam desain model grinder manual (amazon.com)

Mini grinder manual memiliki mekanisme manual dengan cara kerja rotari atau memutarkan tuas untuk bisa menjadikan biji kopi menjadi bubuk halus. Untuk bahan sendiri terbuat dari stainless steel pada as maupun bodinya namun terdapat bagian khusus yang special pada alat ini yakni burr grinder.

Burr grinder sendiri adalah bagian penting untuk menghancurkan biji kopi, bahan yang digunakan adalah keramik. Mengapa demikian ?, sebab pada saat proses crushing atau menghancurkan biji kopi tersebut menurut pakar, yang baik adalah ketika terjadi proses penghancuran diperlukan suhu yang tidak begitu panas, maka dari itu menggunakan keramik dibanding menggunakan bahan dari logam yang lebih cepat panas pada saat terjadi friction atau gesekan.

Burr Grinder (amazon.com)

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas kopi tetap segar dan baik dari paparan panas pada saat crushing tersebut. Burr memang bagian yang kecil namun didesain kuat dan mampu menjadikan kopi tidak kalah dengan sistem otomatis. Namun demikian mini grinder sendiri memiliki kemampuan yang terbatas pada saat memasukan biji kopi. Kapasitas biji kopi yang masuk kisaran 20 gram setara dengan dua cangkir kopi.

Meskipun manual, alat ini banyak digunakan orang-orang pecinta kopi untuk  meracik kopi dengan cara yang berbeda, diketahui bahwa sebagian penyuka kopi mengatakan,menyeduh kopi dari proses secara langsung memang terasa lebih mantap. Mini grinder manual juga praktis bisa bersifat portable serta mudah dalam perawatanya, bisa dilepas satu persatu bagiannya serta bisa dibersihkan dengan cara disikat agar lebih tahan lama dalam pemakaian.

Harga yang cukup terjangkau dipasaran menjadikan banyak orang membelinya untuk membuat kopi cara terkesan berbeda. Apakah sobat tertarik untuk memilikinya ?

Reply