Milk Jug, Salah Satu Alat Kopi yang Cukup Penting

Halo sobat pecinta kopi ?, pasti pernah dengar coffee latte. Salah satu kopi yang cukup cantik tampilannya terutama pada permukaannya tersebut.

Namun siapa sangka penggemar kopi jenis ini juga tidak sedikit. Jenis kopi yang sering kita temui di cafe shop, memiliki proses pembuatan yang tidak begitu jauh dari cappucino maupun macchiato.

Uniknya adalah proses akhir pembuatan, sang barista sering menunjukan hal yang menakjubkan pada keterampilannya dalam momen pembuatan latte art. oh iya, apakah sobat tahu apa itu latte art ?, yaps…latte art adalah bentuk dari permukaan kopi yang unik serta memiliki unsur seni tersendiri, yang sering kita temui pada coffee latte.

oke, apakah kamu tahu bagaimana barista membuatnya sehingga menjadi visual yang menarik pada permukaan kopi ?, hal tersebut dibentuk dari tuangan susu (pouring) ke dalam cangkir kopi tersebut, dengan gerakan-gerakan khusus sehingga membentuk gambar yang terlihat cantik.

Seni Membuat Latte Art

Alat penuang susu tersebut biasa dinamakan milk jug. Tidak sembarangan alat penuang yang digunakan, untuk membuat latte art tersebut dibutuhkan alat penuang khusus. Pada bagian ujung penuangan bagian atas, terdapat moncongan tempat alur keluarnya cairan susu tersebut.

Hal itu perlu dilakukan sebab dibutuhkan aliran fluida atau cairan yang kecil untuk bisa membentuk latte art pada permukaan kopi. Dan juga dengan adanya moncongan tempat jug (alat penuang) mempermudah barista untuk mengarahkan aliran air susu yang keluar, ini sama saja ketika kamu menggunakan pensil, bukankah akan lebih enak jika ujung pensil tersebut dibuat lebih runcing.

Jika tidak terdapat moncongan atau runcingan apa yang terjadi ?, hal tersebut akan mempersulit barista untuk membuat latte art yang tajam karena air yang keluar dari jug tersebut tidak terarah dan tidak bisa diperkirakan. Kebanyakan yang terjadi adalah aliran terlalu membesar.

Ilustrasi Jug tanpa moncongan untuk keluaran air

Dalam dasaran milk juga terdapat lekukan sehingga bisa memaksimalkan putaran susu. Secara umum kebanyakan milk jug terbuat dari bahan stainless steel dan memiliki kapasitas 350 atau 600 ml.

Kesimpulannya adalah milk jug memang alat yang didesain khusus untuk barista dalam memainkan latte art, sehingga mampu menghasilkan karya kopi seperti coffee latte yang menarik .

Reply