Milk Frother, Alat Pembuat Buih Susu yang Ekonomis

Coffee Lovers pa kabar, masih bersama baristalakadar. Pada artikel kali ini saya ingin bahas kopi lagi, ya karena niche kami kopi jadi kami akan informasikan hal-hal yang mungkin sudah kamu ketahui ataupun belum, mungkin bisa menambah wawasan kamu sobat sekalian. Bagi pecinta coffee latte, cappucino, choco latte dan lain-lain, tahu tidak sih ? Apa kamu tidak berpikir gimana cara nih kopi ada foamnya atau seperti buih.

Buih atau istilah baristanya “foam” merupakan hasil pembuatan susu dengan adukan yang menghasilkan buih atau foam tersebut. Buih terjadi karena semacam adukan yang menghasilkan aliran turbulensi sehingga menciptakan gelembung-gelembung udara, Sifat udara itu adalah ringan massa jadi akan selalu ke atas, sama halnya gelembung-gelembung udara yang terdapat dalam susu tersebut. Hal itulah yang dibutuhkan bagi si barista untuk meracik kopi yang menarik ala cafe.

Terdapat beberapa cara untuk bisa menghasilkan buih, pastinya menggunakan alat manual atau automatis. Alat manual bisa menggunakan french press dengan cara mengocok susu yang cara kerja mirip piston pada tabung silinder motor atau hidrolik dalam tabung sehingga terjadinya gelembung udara akibat pergerakan naik-turunnya bagian french press tersebut.

Lain halnya cerita dengan pembuatan otomatis, tentu lebih praktis. Pernah mendengar “milk frother” ?, jadi sob alat ini sebenarnya praktis pemakainnya. Tinggal tekan tombol On, maka bagian pengaduk (whiskey) tersebut akan berputar pada porosnya. Sistem ini bekerja karena terdapat kelistrikan arus AC artinya tidak perlu dicolok ke colokan listrik dinding. Namun demikian karena menggunakan baterai maka perlu di charge ulang. Didalam alat ini terdapat motor seperti dinamo yang memutarkan gaya torsi pada pengaduknya.

Membuat buih dengan “Milk Frother”

Untuk bagian pengaduk (whiskey) dibuat oleh pembuatnya atau si penemu alat ini berbeda dengan pengaduk kocokan telur. Mengapa demikian ?, karena beda penggunaan sob, untuk pengaduk milk frother dibuat seperti kawat yang dibentuk bulat namun kawat tersebut dianyam bentuk spiral (sobat bisa lihat pada contoh gambarnya ya…). Alhasil putaran dari pengaduk tersebut akan menghasilkan foam atau buih pada susu tersebut. Milk frother juga bisa digunakan pada susu yang dingin dan hangat

Terdapat beberapa keunggulan pada milk frother diantaranya adalah:

  • Praktis mudah dibawa kemana-mana
  • Harganya pun terjangkau tidak semahal mesin espresso
  • Bagian pengaduknya dibuat dari bahan stainless steel menyesuaikan food grade
  • Pengaduk mudah untuk dibersihkan
  • Lebih hemat energi karena menggunakan baterai (arus AC)
  • Mampu membuat buih dalam waktu yang tidak begitu lama

Baik sobat demikian penjelasan milk frother dari kami baristalakadar, mungkin sobat ada yang mau mencoba buat kopi coffee latte atau cappucino sendiri. Silahkan gunakan alat yang praktis ini.

Reply