Mengetahui Sejarah Barista di Dunia

Apa yang Anda ketahui mengenai Barista kopi? Barista kopi adalah orang yang kerja membuat dan menyediakan minuman kopi bagi beberapa konsumen setia di warung atau coffee shop. Bisa disebut, ia memvisualisasikan ujung tombak yang putuskan satu cangkir kopi bisa nyaman di nikmati oleh publik. Oleh karena itu, ia harus memiliki pengetahuan yang oke dalam perkopian.

Untuk Anda yang seringkali ngopi di kafe atau coffee shop, panggilan barista adalah satu yang umum terdengar. Selanjutnya apakah itu barista kopi? Apa pekerjaan dan kepiawaiannya? Mengapa hanya bisa didapati dalam tempat ngopi ciri khas Italia?

Bagi Anda yang mungkin belum tahu apakah itu barista kopi, barista kopi adalah arti untuk orang yang mengolah kopi di coffee shop. Meskipun terlihat sepele, pekerjaannya kenyataannya tidak mudah dan perlu potensi. Beberapa peracik kopi ini juga tidak asal-asalan, perlu latihan sebelum mengawali layani konsumen setia.

Bukan hanya layani konsumen setia, ketrampilan beberapa peracik kopi ini kenyataannya juga ditandingkan. Di Indonesia sendiri, pertandingan barista tahunan satu tingkat nasional sudah diselenggarakan sejak tahun 2004. Beberapa dari finalisnya ditambah lagi bersaing di tingkatan dunia dan sukses sampai juara.

Buat menyikapi apakah itu barista kopi, mari kita ulas asal- usulnya dulu. Memang, ramainya orang yang memisah karier seperti barista dikuasai kesuksesan usaha kopi waralaba yang menyebar pada second wave ( 1960- an). Tapi apakah Anda tahu bahwa ternyata barista sudah ada jauh semakin lama?

Sejarah Barista di Dunia

Dengan cara etimologi, barista bermakna pelayan bar atau bartender dalam bahasa Italia. Di negeri aslinya, barista pria diujarkan baristi sedang wanita diucap bariste. Di Italia, karier ini tidak terbatas mengolah minuman kopi, tapi semua beberapa minuman tertera alkohol.

Karier peracik kopi diprediksikan sudah ada sejak era ke- 15, disaat warung kopi awal mula membuka di Mekah, Arab Saudi. Tempat ngopi ini seringkali dipakai buat santai, berunding, dan bermain catur warga dekat. Lama- kelamaan, banyak muncul kedai- warung lainnya di Arab bertepatan meluasnya perdagangan kopi.

Di Eropa, warung kopi muncul awal mula di tahun 1629 di Venisia, Italia. Setelah itu, usaha warung minuman ini banyak muncul bukan hanya di Italia tapi juga negara- negara lain seperti Inggris, Perancis, Portugal, Romania, Swiss, dan masih banyak.

Meskipun warung coffee shop ciri khas Italia sudah tumbuh di Eropa sejak tahun 1600- an, panggilan barista seperti peracik kopi bermula di Amerika Serikat. Pada 1900- an, banyak imigran Italia yang buka warung atau warung yang jual hidangan kopi ciri khas negeri aslinya.

Kedai- warung ini pada awalnya membuka di teritori padat masyarakat asal Italia, seperti New York, Little Italy, Boston,  dan Greenwich Village. Warung ini lama kelamaan populer di kelompok masyarakat Amerika Serikat, kemudian masuk kota- kota lainnya pada awal 1950- an.

Masyarakat menyebutkan warung ini seperti kafe yang bermakna kopi dalam beberapa bahasa. Selain itu, umumnya warung tuliskan kafe seperti ciri mereka siapkan minuman dari biji tumbuhan Coffea ini. Buat menyebutkan orang yang kerja dibalik bar coffee shop, masyarakat menyebutnya barista.

Panggilan barista bagi beberapa peracik kopi terus dipakai bertepatan perkembangan industri kopi dan kafe. Lebih hebat lagi, tidak hanya muncul asosiasinya pada tiap negara, tapi juga ada sertifikasi, training, dan pertandingan.

Reply