Mengetahui Kopi Tubruk dan Cara Membuatnya

Mungkin semua orang pecinta kopi dunia sibuk dengan berbagai macam alat-alat kopi mahal untuk menciptakan racikan kopi yang enak, tapi itu berbeda dengan kebanyakan cara orang indonesia dalam menyeduh kopi, dimana di negera ini menggunakan metode yang sangat sederhana. Jika di fikirkan metode penyeduhan kopi ini menggambarkan kesederhanaan warga Indonesia yang ramah dan cinta damai menghasilkan kopi sederhana tetapi menghasilkan aroma menyerbak wangi ke seluruh ruangan. Pertanyaannya, metode penyeduhan seperti apa yang di maksud? yaps… yakni penyeduhan dengan cara Tubruk atau biasa kita kenal dengan Kopi Tubruk.

Apa Itu Kopi Tubruk ?

Kopi Tubruk adalah sajian khas yang ada di negara ini. Dimana proses penyeduhan kopinya dengan cara menyiramkan langsung air panas kedalam gelas saji yang sudah dimasukkan bubuk kopi.

Tips Mudah Mudah Membuat Kopi Tubruk

Pada dasarnya cara membuat kopi tubruk memang sangat mudah. Namun, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan, agar hasil kopinya semakin enak, nikmat dan mantap. Beberapa barista mengatakan bahwa menyeduh kopi itu seperti membuat maha karya. Dan setiap tangan seseorang itu akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda, meskipun mereka memakai jenis kopi yang sama. Dalam hal ini perbandingan air, kopi dan gula harus tepat. Untuk memperoleh kopi tubruk yang wenak, simak tips di bawah ini!

Air Seduhan

Mungkin semua orang mengetahui bahwa dalam satu cangkir kopi tradisional ini, 90 persennya berisi air. Maka dari itu Anda harus memberikan suhu air yang tepat, sehingga rasa dari kopi akan semakin nikmat. Ada beberapa orang mengatakan bahwa memakai air mineral dan air rebusan sendiri bisa menghasilkan aroma kopi yang berbeda. Selain itu ada juga beberapa barista mengatakan bahwa memakai air mineral bisa mengeluarkan karakter kopi lebih bagus dibandingkan air rebusan sendiri. Walaupun memang hal itu benar, tapi juga harus disesuaikan dengan selera Anda atau pelanggan Anda jika membuka coffee shop. Hal yang paling utama adalah air tersebut masih segar, berwarna jernih dan tidak mengeluarkan bau sama sekali. Dalam hal ini Anda perlu memanaskan air sampai suhu 90 derajat celcius. Jika memang Anda tidak punya pengukur suhu, maka Anda dapat mendidihkan air sampai benar-benar mendidih, lalu selanjutnya diamkan selama 2 menitan.

Jenis Kopi Yang Di Seduh

Jika di tanya jenis kopi, maka jawabannya snagat banyak. Bahkan di Indonesia sendiri ada yang namanya kopi gayo, kopi Sumbawa, kopi Sumatra, kopi kintamani dan masih banyak lainnya. Dalam hal ini Anda bisa memakai jenis biji kopi apapun untuk membuat kopi tubruk sendiri di rumah. Yang paling penting Anda sesuaikan saja dengan selera. Tapi yang perlu di ingat Anda harus milihlah biji kopi yang masih segar, yang baru saja di sangrai. Dan sebaiknya jangan gunakan biji kopi yang sudah di sangrai lebih dari 2 bulan. Kemudian Anda dapat melakukan penggilingan kopi sendiri. Dalam hal ini Anda bisa giling sampai halus atau medium. Apabila biji kopinya masih segar, maka biasanya akan membuat aroma kopi lebih nikmat dan enak.

Waktu Penyeduhan

Untuk membuat kopi tubruk, saat ini Anda tidak perlu alat seduh yang rumit. Yang perlu Anda siapkan hanya panci, teko dan sendok saja. Selain itu Anda juga tidak perlu mesin penyeduh kopi yang rumit. Untuk masalah penggilingannya Anda dapat menggunakan alat giling atau menggiling secara manual. Untuk alat alat seduhnya, Anda dapat mencarinya sendiri di rumah. Dengan begitu, selain Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri, harganya juga akan sangat murah meriah.

Rasio Air Dan Kopi

Untuk membuat kopi tubruk yang enak dan nikmat, maka Anda harus memperhatikan rasio air dan kopi yang di campur. Pada umumnmya rasio ini bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya. Dalam hal ini Anda dapat memilih kopi yang kental atau agak cair. Mudah saja, jika ingin yang kental rasio kopinya lebih banyak dibandingkan air. Namun jika Anda tidak ingin kopi terlalu encer, maka bisa menghilangkan karakter dan rasa dari kopi itu sendiri. Maka dari itu Anda harus membuat dengan perbandingan yang tepat. Secara umum menurut beberapa barista perbandingannya bisa memakai 1:15. Sebagai contah Anda mempunya 20 gram kopi, maka Anda bisa memakai air 300 ml. Dengan Anda menggunakan perbandingan ini, yakin dech akan membuat kopi semakin enak dan nikmat.

Waktu Penyeduhan

Waktu penyeduhan menjadi hal yang sangat penting untuk membuat kopi tubruk. Dimana hal tersebut akan mempengaruhi rasa dan aroma kopinya. Perlu Anda ketahui untuk pembuatan kopi jenis ini, membutuhkan waktu penyeduhan sekitar 4 menit. Dimana pertama tama Anda harus membasahi kopi dengan sedikit air panas selama 30 menit. Dan selanjutnya Anda baru di siram air panas lagi sedikit demi sedikit, sampai kekentalan kopi sudah pas dan merata.

Sudah tahu bukan mengenai kopi tubruk sekarang ? Jenis kopi ini dapat Anda temui di pedesaan jika ingin rasa yang mantap. Sebab di pedesaan akan lebih suka kopi yang cukup kental, dan biasanya pemrosesan kopinya tidak di campur dengan bahan lain seperti beras jagung atau beras putih.

Saran kami, jika Anda ingin menghilangkan kantuk saat bekerja, mungkin kopi tubruk bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab selain mudah cara pembuatannya, tapi juga akan menyingkat waktu, sehingga waktu bekerja Anda tetap terjaga.

Reply