Mengenal Kopi Vietnam Drip yang Sangat Mendunia

Dari sekian banyak kopi yang ada dunia ini, salah salah satu yang paling terkenal adalah Kopi Vietnam Drip. Mungkin Anda akan berfikir bahwa ini adalah jenis kopi yang berasa dari vietnam, tapi faktanya tidak demikian. Sebab meskipun kopi dari Indonesia juga bisa di buat Kopi Vietnam Drip Penasaran mengenai Kopi Vietnam Drip? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Kopi Vietnam Drip?

Hanya karena ada kata Vietnam, lantas ini berasal dari Vietnam. Sebab kenyatannya Kopi vietnam drip merupakan jenis kopi yang diseduh dengan dripper vietnam yang secara khusus disajikan bersama susu/krimer kental manis baik itu dalam kondisi panas atau dingin. Penyajian seperti ini ada karena menyesuaikan karakter biji kopi robusta dari hasil perkebunan yang ada di Vietnam. Dan biasanya kopi jenis ini lebih banyak disajikan dingin atau di campur dengan es.

Bagaimana Cara Membuat Kopi Vietnam Drip?

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa kopi Vietnam Drip merupakan salah satu jenis kopi yang banyak di nikmati di seluruh dunia. Hal itu disebabakan rasa yang di hasilkan memang sangat luar biasa nikmat. Tapi biasanya kopi Vietnam Drip hanya akan ada pada restoran atau cafe saja, lalu bagaimana jika ingin menikmati kopi ini di rumah ? Jangan khawatir sebab disini Anda akan di jelaskan bagaimana membuat kopi Vietnam Drip sendiri, antara lain :

Alat dan Bahan Membuat Kopi Vietnam Drip

Disini untuk membuat kopi Vietnam Drip, Anda harus terlebih dahulu beberapa bahan dan alatnya. Sebab jika tidak ada bahan atau alat yang memadai, tentu tidak akan bisa membuat kopi Vietnam Drip. Berikut bahan dan alat-alat yang perlu di persiapkan, antara lain :

  • Biji Kopi 12-15gr.
  • Grinder.
  • Dripper (Alat Drip / Vietnam Drip).
  • Gelas.
  • Susu Kental Manis.
  • Air Panas (90 derajat Celcius).

Secara umum kopi bisa menggunakan jenis robusta atau arabika, tapi agar rasanya sangat pas dan sempurna di sarankan untuk menggunakan kopi jenis Arabika.

Ringkasan Langkah Membuat Kopi Vietnam Drip

Nah, saat nya Anda kita akan memulai membuat Kopi Vietnam Drip. Anda harus ingat, jangan sampai ada step pun yang terlewat, sebab jika ada yang salah, biasanya rasa dari kopi tidak akan sempurna atau bahkan kadang kala rasanya malah tidak enak.

  • Pertama tama Anda siapkan gelas yang akan digunakan untuk menyajikan kopi, lalu Anda isi dengan susu kental manis sesuai dengan selera yah.
  • Langkah berikutnya Anda giling biji kopi sampai agak kasar, ingat jangan terlalu halus supaya air bisa turun dengan lancar. Dan pada umumhya akan diperlukan beberapa kali latihan agar bisa menggiling dengan pas supaya bisa menghasilkan rasa kopi sesuai dengan keinginan Anda.
  • Selanjutnya Anda masukkan bubuk kopi ke dripper. Jika sudah masuk semuanya Anda tutup dengan tampernya. Ingat tidak usah ditekan, biarkan ada sedikit jarak agar semuanya merata.
  • Sembari drpper terus bekerja Anda tuang air perlahan-lahan kedalam dripper hingga penuh. Disini Air akan berubah warna sedikit krim, nah hal itu itu menandakan kopinya masih fresh hingga akan muncul kremana.
  • Disini Anda tingga tunggu saja hingga kopi menetes memenuhi gelas.
  • Apabila Anda lihat kecepatan menetes terlalu cepat, berarti tingkat gilingan masih terlalu kasar, dan apabila terlalu lama maka bubuk kopinya terlalu halus saat Anda giling. Pada umumnya waktu normal menetes antara 7 sampai 10 menit.
  • Kemudian Anda sisihkan dripper. Aduk kopi supaya bercampur dengan susu secara merata.

Sekarang Anda sudah tahu bukan bagaimana cara membuat Kopi Vietnam Drip sendiri di rumah. Tapi seperti yang di jelaskan di atas, rasanya tidak akan sama dengan barista yang telah berpengalaman dalam membuat Kopi Vietnam Drip.

Meski demikian, setidaknya Anda bisa menikmati Kopi Vietnam Drip di rumah sekarang tanpa harus pergi ke cafe yang biasanya akan di jual mahal. Dengan Anda tahu bagaimana membuatnya, selain akan menghemat biaya, Anda juga akan meghemat uang. Bagaimana, layak untuk di coba bukan membuatnya di rumah ?

Reply