Mengenal Kopi Robusta Sebagai Jenis Kopi yang Kaya Akan Kafein

Apakah Anda pecinta kopi? Mungkin seharusnya Anda mengetahui jenis Kopi Robusta. Ini ialah termasuk jenis tanaman kopi dengan nama ilmiah Coffea canephora. Mengenai nama robusta sendiri diambil dari kata robust, yang mempunyai makna kuat. Sesuai arti dengan namanya, beberapa jenis minuman yang diekstrak dari biji kopi robusta akan mempunyai cita rasa yang sangat kuat dan cenderung lebih pahit jika di bandingkan dengan kopi arabika.

Pada umumnya biji kopi robusta banyak dipakai sebagai bahan baku kopi siap saji atau instant dan pencampur kopi racikan blend untuk menambah kekuatan cita rasa kopi yang sempurna. Tidak hanya itu saja, ini adalah jenis kopi yang biasanya digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis susu seperti halnya capucino, cafe latte dan macchiato.

Pada umumnya biji kopi robusta dianggap inferior dan dihargai lebih murah jika di bandingkan dnegan arabika. Di pasaran global, produksi robusta menempati urutan kedua setelah kopi arabika. Dan Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia saat ini.

Karakteristik Kopi Robusta

Robusta adalah salah satu jenis kopi dengan nama latin Coffea Canephora yang mempunyai nama sinonim Coffea robusta.

Secara umumnya nama kopi robusta di ambil dari kata robust dalam bahasa Inggris yang mempunyai makna kuat. Anda akan dapat melihat dan menikmati, bahwa pada umumnya karakter cita rasa dan aroma yang kuat dari kopi robusta. Biasanya akan memiliki rasa lebih pahit jika di bandingkan dengan jenis kopi Arabika.

Untuk tingkat keasamannya, robusta akan cenderung tinggi serta tingkat kekentalannya tergolong sedang hingga kuat untuk penikmatnya. Karakter rasa pada kopi robusta memang akan cenderung tidak bervariasi, dimana karakter rasanya pada umumnya lebih seperti kacang-kacangan atau nutty.

Asal Usul Kopi Robusta

Kopi robusta ini ditemukan pertama kali oleh ahli botani dari Belgia, di Kongo pada tahun 18981. Robusta adalah jenis tanaman asli Afrika yang meliputi daerah Sudan, Liberia, Kongo, dan Uganda. Perlu Anda ketahui, kopi robusta mulai dikembangkan secara besar-besaran di awal abad ke-20 oleh pemerintah kolonial Belanda di Wilayah Indonesia.

Pengembangan kopi robusta di negeri ini di awali oleh bencana wabah penyakit karat daun atau Hemileia vastatrix yang menyerang tanaman kopi. Dan tepat tahun 1878 sebagian besar perkebunan kopi di Indonesia rusak total yang di akibatkan oleh penyakit tersebut. Maka dari itu, Belanda mengganti arabika dengan liberika. Tapi sayangnya, di tahun 1890 kopi liberika ini juga mengalami penyakit yang sama.

Pada akhirnya tahun 1902 didatangkan jenis kopi robusta dari kebun raya Jardine di Brussel daerah Belgia. Setelah mengalami beberapa penelitian, ternyata kopi ini dipastikan lebih tahan terhadap penyakit karat daun. Selanjutnya di tahun 1907 tanaman kopi liberika diganti secara total dengan robusta.

Deskripsi Kopi Robusta          

Kopi robusta ini termasuk dalam jenis suku Rubiaceae marga Coffea. Seperti yang di sebutkan di atas, nama ilmiahnya adalah Coffea canephora, lebih khususnya Coffea canephora var. Robusta.  Tapi memang sebelum itu, kopi liberika juga digolongkan ke dalam spesies Coffea canephora, tapi beberapa belakang ini disebut spesies tersendiri, yakni Coffea liberica.

Pohon kopi robusta mempunyai perakaran yang cukup dangkal, maka dari itu sedikit rentan dengan kekeringan. Tanaman yang satu ini memerlukan tanah yang kaya kandungan organik untuk menopang pertumbuhannya secara normal. Apabila ditanam di dataran rendah, kopi robusta mempunyai ketahanan yang jauh lebih baik pada penyakit karat daun jika di bandingkan dengan kopi arabika.

Tempat yang Tepat Kopi Robusta

Pada umumnya kopi robusta tumbuh dengan baik jika di tanam pada ketinggian 0-900 meter di atas permukaan laut. Tapi yang sangat ideal adalah ditanam pada ketinggian 400-800 meter. Mengenai suhunya, rata-rata yang dibutuhkan tanaman kopi robusta adalah sekitar 26°C dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahunnya.

Jenis kopi ini akan sangat mudah untuk Anda dapatkan di Indonesia. Sebab dengan rasanya yang cukup murah, kopi robusta di jual murah di pasaran atau di toko terdekat. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung mencari kesana kemari

Reply