Mengenal Kopi Cortado dengan Kenikmatan Setara Machiato dan Cappuccino

Pada umumnya kita akan lebih sering mendengar beberapa jenis kopi yang berasal dari Itali atau Brazil sebagai penghasil kopi terbanyak di dunia. Tapi kali ini kita di suguhkan jenis kopi yang tidak berasal dari dua negara tersebut. Yaps, Kopi Cortado ini berasal dari Spanyol.

Sangat menarik bukan untuk Anda ketahui? Dan kami yakin Anda belum pernah mendengar atau merasakan sensasi menikmati kopi jenis ini. Dari pada Anda penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Kopi Cortado?

Ada yang mengatakan Cortado adalah sederetan sajian caffe latte. Tetapi apabila definis dari caffè latte mengacu pada rasio susu yang digunakan, mungkin Cortado tidak termasuk dalam kategori latte seperti yang kita kenal. Pada umumnya kopi Cortado akan menggunakan perbandingan rasio 1:1 saat membuatnya. Dalam hal ini One shot espresso yang ddipakai akan sama dengan jumlah susu yang digunakan dalam membuat satu gelas atau cangkir Cortado.

Sajian yang berasal Spanyol ini memang sangat sering disajikan dengan cangkir yang terbuat dari gelas atau metal. Dan mungkin bisa di katakan jarang sekali sajian cortado disajikan dengan cangkir yang terbuat dari keramik yang kebanyakan orang pakai di cafe shop.

Berbeda jauh dengan sajian latte yang memerlukan susu dengan buih yang optimal untuk menampilkan tekstur art pada permukaan sajian kopi tersebut. Susu yang dipakai, tidak akan memerlukan buih yang terlalu banyak atau bisa di katakan hanya menggunakan secukupnya saja.

Cara Membuat kopi Cortado

Apabila Anda ingin membuat kopi Cortado tentu akan memerlukan persiapan komposisi sajiannya. Espresso dan susu adalah dua bahan paling penting yang tidak boleh ketinggalan dalam membuat kopi Cortado.

Hal ini berarti Anda harus menyediakan espresso dan susu terlebih dahulu. Pada umumnya untuk membuat sajian Cortado tidaklah sulit, terlebih lagi banyak sekali alat kopi yang cukup fleksibel dan tidak merepotkan saat Anda ingin membuat espresso.

Anda akan memerlukan beberapa alat seperti Rok Presso atau Flair Espresso Maker, dan ini memang akan sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan akan espresso. Apabila Anda telah menyiapkan espresso, selanjutnya Anda harus menyediakna susunya dan langsung melangkah pada cara pembuatan kopi Cortado di bawah ini!

  • Pertama tama Anda siapkan single espresso dengan alat kopi yang Anda sukai.
  • Selanjutnya Anda sediakan susu dengan rasio 1:1 berbanding dengan espresso dan pilihan rasio 1:2 espresso dengan menggunakan susu.
  • Jika semuanya sudah siap, Anda panaskan susu menggunakan Steam Wand pada Bellman Stove Top tidak perlu terlalu foamy. Dalam hal ini Anda juga bisa memanaskannya memakai kompor dengan suhu yang dirasa pas, dan pastikan tidak terlalu banyak buih.
  • Langkah berikutnya, Anda masukkan espresso di cangkir ukuran 150-200ml, Kemudian Anda tuangkan susu yang telah disediakan tadi dengan memakai sendok untuk menghambat laju dari mikro foam yang tercipta dari persiapan susu yang telah di sediakn tadi.
  • Terakhir apabila susu telah dimasukkan semuanya, sekarang giliran mikro foam tadi diletakkan di atas permukaan sajian kopi yang Anda buat. Dan jadilah Cortado kreasi Anda sendiri.

Bagaimana sangat mudah bukan membuat kopi Cortado sendiri di rumah? Pada dasarnya rasa yang di hasilkan oleh barista dalam membuat kopi Cortado akan lebih nikmat. Tapi tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa membuat kopi jenis ini dengan rasa yang lebih mantap.

Dari sekian banyak jenis kopi di dunia ini, kami sangat menyarankan Anda untuk menikmati sajian dari kopi Cortado ini. Dengan rasa mantap sempurna, di yakini akan membuat setiap orang yang pernah menikmatinya merasa ketagihan untuk mencoba dan mencoba lagi.

Di Indonesia sendiri, kami yakin Anda akan lebih mengenal jenis kopi Machiato dan Cappuccino. Mungkin di sebabkan rasa yang lebih kental akan susunya, makanya lebih di sukai oleh lidah orang di Indonesia. Tapi jika Anda suka dengan minuman kopi dengan campuran susu murnia, sangat layak untuk Anda mencoba menikmati kopi Cortando. Baik membuatnya sendiri atau membelinya pada beberapa cafe shop.

Reply