Mengenal kopi Americano dengan Kenikmatan Luar Biasa

Ada banyak beragam kopi yang ada di dunia ini, tapi secara umum yang paling umum adalah kopi robusta dan arabika. Mengenai rasa sejak zaman dulu mungkin Anda akan mengetahui bagaimana rasa kopi original dengan warna hitam pekat. Namun, dengan perkembangan zaman kopi di variasi hingga lahirlah jenis kopi lainnya yang memilii rasa dan aroba berbeda seperti latte, mocha, frappucino, dan espresso.Kopi Americano.

Mungkin dari bebeapa jenis kopi di atas ada satu yang menarik perhatian dari segi namanya. Yaps, itu adalah kopi Americano, sebenarnya apa sih Kopi Americano ini ? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Americano?

Pada dasarnya Americano adalah espresso yang berbentuk encer. Namun mungkin akan sangat kasar apabila Anda menyebutnya seperti itu. Americano layak memperoleh kehormatannya sama seperti kopi lain di luar sana yang di jual di beberapa cafe shop. Mungkin caranya membuatnya cukup sederhana, Anda ambil ukuran regular gelas kopi, lalu tambahkan satu atau dua shots espresso Kemudian tambahkan sisanya dengan segelas air panas, dan kamu telah berhasil membuat segelas  Americano.

Rasa Kopi Americano

Walaupun Kopi Americano memiliki bahan dasar dari segelas Espresso, tapi Anda jangan berharap  rasanya bisa sama persis seperti halnya Espresso. Perlua Anda ketahui, kopi ini telah menjadi encer karena dicampurkan dengan Air Panas, dan memang biasanya rasa kopi Americano tak semenendang seperti kopi Espresso. Atau mungkin bisa di katakan terasa seperti sepupunya yang lebih kaya akan rasa, aroma dan lebih tegas layaknya Kopi hitam diluaran sana yang Anda kenal.

Kopi Espresso pada umumnya mempunyai kekentalan yang lebih tebal daripada Kopi biasa, namun saat menjadi Americano, kekentalan tersebut menjadi berkurang. Sebab sudah ditambahkan dengan air panas dengan takaran yang pas. Walaupun Americano tidak sekuat Espresso, namuan Anda tidak perlu ragu akan rasanya karena Americano menawarkan rasa yang kontras dengan kopi seduh lainnya yang telah ditemukan sejak bertahun tahun lamanya.

Saat Anda membuat secangkir Espresso, pada umumnya Anda akan menemukan lapisan busa diatas kopi yang dihasilkan dari tekanan air melewati bubuk kopi tersebut. Lapisan busa inilah yang dikenal dengan sebutan krema, yang menambahkan rasa berbeda pada Kopi Americano. Hal ini yang membuat suatu perbedaan Kopi Americano dengan kopi seduh biasa lainnya.

Perbedaan lainnya dari kopi Americano adalah cenderung lebih panas daripada kopi seduh lainnya. Sebab saat membuat Espresso, Air yang dipakai sudah pasti panas, lalu slanjutnya menjadi secangkir Americano. Dalam hal ini Anda harus menambahkan Air yang pastinya panas sehingga hasil akhirnya adalah Americano.

Metode Penyajian Kopi Americano

Disini terdapat dua cara untuk menyeduh Kopi Americano, dan sepertinya semua orang mempunyai cara yang berbeda untuk metode penyeduhan Americano. Cara pertama, Americano bisa Anda sajikan dengan cara tradisional, yakni dengan hanya menuangkan espresso ke dalam cangkir terlebih dahulu, lalu selanjutnya ditambahkan dengan air panas. Mirip dengan cara menyajikan kopi turuk bukan? Tapi memang begitulah cara  sederhana menyajikan kopi Americano.

Sedangkan cara kedua ialah dengan menuangkan air panas ke dalam cangkir terlebih dahulu lalu selanjutnya di tambahkan satu shot Espresso. Memang pada umumnya beberapa orang akan lebih memilih metode kedua ini sebab Anda bisa mendapatkan lebih banyak busa atau Chrema dari Espresso untuk tetap berada di atas dan tidak ikut larut ke dalam minuman sebelum Anda mulai menikmatinya. Hal ini tentu akan sangat membantu untuk menjaga rasa dari kopi Espresso tetap utuh sebab air tidak memecahnya saat dituangkan.

Variasi dari Kopi Americano

Seperti yang di jelaskan di atas, ada beberapa cara berbeda untuk membuat Americano, dan setiap barista atau kedai kopi tentu akan mempunyai cara tersendiri yang lebih disukai mereka, dan Anda sendiri juga bisa memberi tahu mereka untuk membuatkan American dengan resep khusus yang Anda sukai tersendiri. Dalam hal ini mungkin salah satu ada dua shot Espresso bisa Anda pakai dan selanjutnya ditambah air dengan rasio perbandingan  1:1. 1:2 atau 1:4.

Reply