Mengenal Jenis Kopi Langka di Dunia

Indonesia adalah negara yang memang mempunyai tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Hal itu dapat ditunjukkan dengan adanya banyak tumbuhan yang berada di Indonesia. Ada juta-an tipe tumbuhan yang berada di Indonesia. Diantaranya ialah tanaman Kopi langka.

Nah disini saya akan mengulas tentang Kopi langka arabika tipika atau bisa lebih dikenal dengan kopi arabika kalosi.

Kopi arabika tipika ini adalah kopi langka, sebab tipe kopi ini cuma dapat didapati di dua negara yakni Indonesia serta Brazil. Kopi tipe ini, cuma akan tumbuh pada tempat yang mempunyai situasi udara dengan temperatur 4 derajat celcius tetapi kering. Berikut info unik berkaitan tipe tipe dari kopi arabika tipika:

Kopi Kalosi

Kopi arabika tipika kalosi adalah kopi langka yang mungkin hanya di jual di wilayah kalosi, sulawesi. Tipe kopi ini aslinya dari pribumi kalosi atau serta di luar kalosi. Kopi tipe ini yang populer sampai seluruh dunia ialah kopi toraja arabika kalosi. Negara jerman, Amerika, serta jepang adalah negara yang menyenangi kopi tipe ini.

Aroma kopi ini benar-benar ciri khas rempah-rempah, seperti ada kayu manis yang dipadukan dengan jahe menjadi satu kopi toraja arabika kalosi ini benar-benar spesial. Disamping itu kopi ini mempunyai tingkat keasaman yang rendah, serta mempunyai struktur yang lebih halus dari pada kopi yang lain. Hebatnya lagi, jenis Kopi langka tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa kantuk, tapi juga berguna buat kesehatan.

Manfaat kopi ini buat kesehatan untuk memperlancar peredaran darah, membuat otak semakin tenang serta fresh. Selain itu, kopi ini memiliki kandungan zat anti-oksidan yang bisa menahan kanker mulut.

Kopi Bourbon

Kopi bourbon adalah kopi dari hasil perubahan genesis tipika. Awalannya, bourbon ini ditanam di Perancis yang bibitnya dari hasil pemberian belanda dari satu pulau namanya Bourbon. Selanjutnya, tipika ini alami perubahan genesis sebab dipengaruhi oleh situasi disekitar serta menghasilkan kopi berwarna merah, kuning, sampai oranye.

Kopi ini memberi cita rasa yang manis, serta mempunyai struktur yang halus. Tetapi tanaman kopi tipika bourbon ini gampang ringkih serta hasilnya tidak sekitar kopi biasanya. Kopi ini bila diseduh akan menghasilkan kesenangan yang subur serta classic.

Kopi Mundo Novo

Tipe kopi tipika yang berada di wilayah mundo novo, Brazil di tahun 40an. Kopi ini adalah salah satunya keluarga arabika paling tua yang berada di dunia. Kopi ini masih semacam dengan tipe tipika yang disilangkan dengan bourbon.

Persilangan kopi bourbon serta tipika adalah hasil persilangan kopi yang prima, sebab bisa menghasilkan kopi mundo novo sebab bisa dipanen dengan hasil melimpah dan tahan oleh gempuran hama. Tanaman ini, umumnya ditanam di atas tanah setinggi 1000 mdpl.

Maragogype

Maragogype adalah kopi arabika tipika yang gampang untuk dikenal. Kopi ini adalah perubahan dari kopi arabika tipika yang diketemukan di Brazil. Ukuran biji yang semakin besar membuat kopi ini gampang untuk dikenal. Pohonnya semakin tinggi serta tahan hama tapi hasil panennya termasuk makin rendah.

Kopi ini cuma tumbuh di wilayah pegunungan ijen jawa timur dengan ketinggian 1000 – 1500 mdpl. Hingga kopi ini bisa dinyatakan akan memberi nilai citarasa yang lebih dari pada tipe kopi tipika yang lain.

Gesha

Kompetitor kopi tipika sebetulnya ialah kopi gesha, tipe kopi ini adalah tipe yang mirakelus dari semua tipe kopi arabika. Tapi perlu di ketahui, bahwa ini benar-benar jarang-jarang diketemukan di pasar, dan harganya juga juga mahal. Kopi ini ditanam di panama.

Gesha adalah varietas kopi arabika tipikas yang asli. Nama kopi ini diambil dari nama wilayah pertama-tama kopi ini ditanam, yakni Gesha. Wilayah itu ada dibagian Barat Ethopia. Di tahun 2004 kopi ini jadi juara di pertandingan best of panama serta membuat kopi ini meledak ke seluruh dunia.

Kopi gesha ini mempunyai aroma yang halus dengan kombinasi aroma jasmine yang halus. Tingkat keasamannya lembut serta memiliki kandungan cita rasa buah-buahan. Bila tempat perkebunan kopi ini semakin tinggi karena itu kualitas kopi gesha semakin lebih spesial.

Mungkin demikian ulasan saya mengenai jenis Kopi Langka yang ada di dunia, khususnya dari keluarga kopi arabika. Simak info lain mengenai kopi selengkapnya di situs ini!

Reply