Mengenal Asal, Karakter Rasa dan Cara Pemrosesan Kopi Aceh Gayo

Ada begitu banyak jenis kopi yang ada di Indonesia. Mungkin jika di sebutkan satu persatu tidak akan ada hentinya, sebab jenis kopi mulai rasa dan aromanya akan di pengaruhi oleh tempat kopi tersebut di tanam.

Salah satu dari sekian banyak jenis kopi indonesia yang cukup terkenal adalah Kopi Aceh Gayo.Ini adalah varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi yang sangat di unggulkan  yang berasal dari Dataran tinggi daerah Gayo, Aceh Tengah, Indonesia.

Asal Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu jenis kopi yang sangat di sukai orang Indonesia, bahkan juga di favoritkan di beberapa daratan Eropa. Kopi jenis ini berasal dari Dataran tinggi daerah Gayo, Aceh Tengah, Indonesia. Kopi Aceh Gayo masuk ke dalam salah jenis kopi yang di expor oleh Indonesia.

Karakter dan Rasa Kopi Aceh Gayo

Karakter dan rasa kopi gayo mudah di ketahui, dimana body dan aroma dari kopi jenis ini sangat kuat. Pada umumnya memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah dengan sedikit rasa rempah. Kopi aceh gayo memiliki rasa yang kuat namun tidak pahit, hal itulah yang membuatnya sangat digemari. Bahkan Kopi Aceh Gayo sangat di sukai oleh masyarakat Amerika Serikat dan Eropa.

Gayo ialah nama sebuah suku di daerah Gayo. Di tempata ini, hampir mayoritas penduduk di daerah ini bekerja sebagai petani kopi murni. Perlu Anda ketahui daerah ini telah dikembangkan sebagai kawasan perkebunan kopi sejak tahun 1908 silam pada zaman Belanda.

Perkebunan di Gayo di daerah Aceh Tengah rata-rata berada pada ketinggian tanah 1.000 hingga 1.200 m di atas pemukaan laut. Sebagai informasi, letak daerah ini ada di sekitar kota Takengon dan dekat dengan Danau Tawar. Dan hampir semua suku yang tinggal di daerah ini ialah orang-orang Gayo.

Dengan tanah yang memiliki kultur bagus dan subur tentu akan sangat potensial untuk pengembangan kopi. Pada umumnya mereka akan menggunakan varietas terbaik serta ketelatenan dalam memetik kopi terbaik, hal itu membuat hasil cita rasa kopi gayo sangat mantap.

Jenis kopi yang berasal dari dataran Aceh paling terkenal adalah kopi gayo. Kopi jenis inilah yang membuat daerah Aceh sangat terkenal di Indonesia hingga tingkat internasional sebagai penghasil kopi terbaik.

Ciri-ciri Jenis Kopi Aceh Gayo Terbaik

Bagi sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa kopi yang satu dengan yang lainnya itu sama saja, tapi faktanya sangat berbeda. Misalkan saja jenis kopi Aceh Gayo ini. Di bawah ini ciri khusus dari kopi Aceh Gayo, antara lain:

  • Rasa pahinta cukup minim, bahkan kadang kala tidak terdeteksi sama sekali. Proses pemanenan dan pengolahan pasca panen kopi Aceh Gayo ini sangat teliti sehingga akan memberikan hasil dan kualitas rasa yang terbaik untuk di nikmati. Bahkan sampai ada yang mengatakan bahwa kopi gayo ini memiliki kenikmatan melebihi rasa Blue Mountain dari Jamaika.
  • Mengenai tingkat keasaman dari kopi jenis inicukup beragam, yaitu mulai dari ringan hingga sedang. Dengan begitu, tentu akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki keluhan asam lambung. Kopi Aceh ini cocok jadi pilihan Anda, yang bisa Anda sajikan pada semua keluarga, baik anak atau orang tua yang telah lanjut usia.
  • Mempunyai kualitas rasa dan aroma yang sangat kuat. Menurut beberapa barista, sebagian dari kopi Aceh Gayo ada yang beraroma tanah hingga rasa yang sedikit pedas.

Bagaimana Pemrosesan Kopi Aceh Gayo?

Orang orang Gayo untuk metode pemrosesannya adalah dengan metode kering atau dry process. Proses yang satu ini menjadi salah satu faktor yang membuat rasa dari kopi Gayo cenderung manis. Selain itu, adapula kopi aceh gayo yang diproses dengan cara natural fermentasi, yang membuat kopi ini memiliki rasa yang mirip wine.

Tidak dapat di pungkiri rasa kopi aceh gayo memang nikmat, tapi sayang karakter single origin sangat terbatas.

Reply