Mengenal Apa Itu Kopi Latte dan Cara Penyajiannya

Kopi adalah jenis minuman yang cukup menguasai pasar di dunia ini, dimana hampir semua orang menyukainya. Dari umur mereka yang masih remaja, sampai yang sudah dewasa semuanya suka dengan minuman yang khas dengan warna hitam atau gelap ini.

Dengan perkembangan zaman, banyak barista mulai melakukan modifikasi dalam penyajian kopi. Akhirnya terlahir jenis kopi Latte. Jenis kopi ini saat ini masuk ke dalam salah satu yang paling laris di beberapa cafe shop.

Apa itu Kopi Caffè Latte?

Mungkin secara umum apapun jenis kopinya akan sama, tapi di lihat dari pengertian istilah Caffè Latte bisa diartikan berdasarkan bahasa asalnya. Dalam bahasa Itali, caffe bisa di artikan sebagai kopi, sedangkan latte juga berasal dari bahasa italia yang memiliki makna susu.

Dalam definisi di atas, caffe latte artinya adalah kopi susu. Sedangkan dalam artian secara makna, Kopi Caffè Latte merupakan espresso atau kopi yang dicampur dengan susu yang mempunyai lapisan busa tipis dibagian atasnya.

Perlu Anda ketahui, komposisi susu dan kopi yang dipakai pada Kopi Caffè Latte mempunyai perbandingan 2 banding 1. Namun, ada pada beberapa negara lainnya kombinasi latte terdiri dari spertiga espresso dan dua pertiga susu panas. Dengan resep ini cita rasa yang dominan adalah susunya dibandingkan cappuccino.

Tips Membuat Kopi Latte

Kopi yang di sajikan dalam bentuk Latte akan memberikan rasa yang sangat mantap. Mungkin Anda akan merasa sanga gembira kala mengeahui bagaimana cara membuatnya. Dan di bawah ini adalah beberaa cara membuat latte dengan mesin espresso rumah semi-otomatis, antara lain:

  • Pertama tama Anda siapkan espresso one shot atau double shot, susu murni dan cangkir kesayangan Anda.
  • Selanjutnya Anda pindahkan espresso ke cangkir kesayangan.
  • Berikutnya Anda masukkan susu ke pitcher, untuk mensteam susu untuk caffè Latte posisi awal ujung pipa steam kurang lebih 1 cm dari permukaan susunya. Dalam hal ini Anda juga harus menempatkan posisi pipa steam di pinggir pitcher tersebut.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa menyalakan mesin espresso untuk steam susu, biasanya di awal-awal akan berbunyi berdenyit yang sangat keras. Dalam hal ini Anda tidak perlu kawatir, sebab memang begitu proses mensteam susu. Apabila sudah mensteam, susu akan berputar seperti halnya diaduk dengan cepat.
  • Apabila permukaan susu telah naik, turunkan sedikit pitcher dengan tujuan agar ujung pipa steam tetap sekitar 1cm di permukaan susu. Pada latte, biasanya akan berhenti menurunkan ujung pipa steam saat susu mengembang sekitar setengah dari permukaan susu awal sebelum mesin dinyalakan di awal. Jika sudah selesai, biasanya posisi ujung pipa steam harus stabil supaya menghasilkan busa susu yang tipis.
  • Langkah berikutnya Anda matikan mesin saat suhu  susu sekitar 60 derajat celcius, jika dirasakan dengan tangan pitcer susu terasa hampir panas. Apabila memang terlalu panas, rasa manis asli dari susu akan rusak dan mungkin akan tidak enak lagi.
  • Apabila telah selesai mensteam, Anda goyang-goyang pitcher supaya busa susu menjadi lebih padat.
  • Nah, untuk menuang susu posisi awal pitcher agak tinggi dari cangkir yang telah Anda siapkan.  Pertama tama Anda tuang susu dengan perlahan-lahan sambil sedikit putaran di cangkir tersebut. Apabila telah sampau pada setengah cangkir dekatkan ujung pitcher untuk memperoleh warna kontras susu. Ingat Anda harus sedikit menggoyangkan mesin saat menuang susu lalu  diam dan akhiri dengan gerakan kedepan. Dan tara Anda telah bisa mendapatkan seni gambar untuk latte.
  • Latte hasil kreasiAnda sendiri telah siap untuk dinikmati.

Apakah Latte Bisa Dinikmati Oleh Semua Kalangan Umur?

Dengan rasa mantap dari Latte, tentu akan membuat orang sangat menyukainya. Selain itu, caffe latte juga sangat rendah kafein, sebab ada banyak campuran susu yang ada di dalamnya. Terlebih lagi jika kopinya menggunakan kopi Arabika.

Jika telah demikian, bisa jadi caffe latte dapat di nikmati oleh semua jenis umur. Dari umur remaja sampai yang sudah lansia akan sangat aman dari bahaya kafein. Layak untuk di coba bagi Anda pecinta kopi yang tidak mau banyak kafein.

Reply