Mengenal Apa Itu Kopi Espresso ?

Banyak di antara barista yang ada mencari variasi untuk membuat kopi berbeda mengenai rasa, tampilan dan cara menikmatinya. Akhirnya tercipta kopi espresso yang saat ini menjadi salah satu minuman favorit orang di dunia.

Apa Itu Kopi Espresso ?

Kopi Espresso adalah salah satu jenis kopi yang diseduh dengan cara menyemburkan air yang mempunyai panas tinggi ke bubuk kopi. Espresso merupakan ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi. Maka dari itu, dapat di katakan bahwa espresso merupakan saripati dari biji kopi berupa secangkir kopi cair yang padat dan kental.

Secara umum stilah espresso berasal dari bahasa Italia, dimana istilah ini pertama kali dipakai pada awal tahun 1900-an. Dan jika diterjemahkan secara bebas, maka makna dari espresso ialah secangkir kopi yang diseduh secara ekspres hanya untuk anda.

Cara Pembuatan Kopi Espresso

Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai cara membuat kopi espresso, sebab seiring berkembangnya mesin dan alat kopi, sekarang untuk membuat kopi jenis ini tidak sesulit dulu. Terdapat begitu banyak alternatif yang dapat Anda pakai untuk meracik resep kopi yang dihasilkan dari proses ekstraksi kopi yang satu ini.

Perlu Anda ketahui, pada umumnya kopi Espresso dibuat dengan mesin kopi elektrik keluaran beberapa brand ternama seperti halnya Iberital, Simonelli, Delonghi, Nespresso dan lain sebagainya. Mengenai harganya juga bervariasi, disini Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Selain menggunakan mesin yang memang trend saat ini, pembuatan kopi espresso juga bisa anda lakukan dengan menggunakan berbagai alat kopi non elektrik. Salah satu alat pembuat kopi espresso manual tanpa mesin yang paling populer di seluruh dunia saa ini adalah Rok Presso.

Rok Presso dibuat pertama kali di Inggris oleh seseorang yang bernama Mr. Patrick Hunt. Dengan kehadiran Rok Presso memberikan solusi pembuatan kopi espresso tanpa menggunakan listrik. Selain memang harganya cukup terjangkau, serta cara pembuatan kopi espresso dengan alat ini juga terbilang sederhana dan cukup mudah.

Tidak jauh beda dengan saat Anda membuat kopi espresso menggunakan mesin elektrik. Pertama tama Anda siapkan bubuk kopi terlebih dahulu kedalam “PortaFilter”. Setelah itu Anda padatkan dengan “Tamper Spoon” yang tersedia. Jangan lupa Anda siapkan air panas kira – kira 60 ml dengan suhu sekitar 90 – 95 derajat celcius, kemudian Anda isi air panas tersebut secara perlahan kedalam wadah yang tersedia.

Nah, jika air telah diisi, tarik kedua tuas keatas secara perlahan, disini air panas secara otomatis akan membasahi permukaan bubuk kopi dengan merata kesemuanya. Dalam hal ini Anda harus memastikan memposisikan tuas dengan gerakan yang seimbang agar tekanan air panas ke bubuk kopi merata sempurna. Disaat itulah air secara perlahan akan turun dan akhirnya terisi kedalam cup yang telah disediakan di bawahnya.

Mengapa Harus Minum Kopi Espresso ?

Di dunia ini ada banyak orang yang tidak pernah mau menikmati espresso. Beberapa dari mereka beralasan karena rasanya yang pahit tidak tertahankan sampai ukurannya yang kecil sehingga tidak dapat dinikmati perlahan-lahan.

Tapi Anda wajib tahu bahwa espresso merupakan minuman paling sakral setidaknya bagi masyarakat Italia. Bahkan di Italia, kedai-kedai kopi penuh oleh antrian manusia yang mendamba menikmati espresso untuk memulai hari.

Mungkin Anda akan penasaran sebenarnya apa alasan mereka sampai rela antri demi sebuah kopi espresso ? Simak ulasannya di bawah ini!

Espresso adalah Dasar dari Minuman Kopi

Apaka Anda suka menikmati cappuccino, macchiato, cafe latte, flat white dan piccolo latte? Perlu di ketahui bahwa semua minuman favorit Anda tersebut bergantung penuh kenikmatannya pada espresso. Espresso yang nikmat akan dapat menghasilkan jenis minuman kopi turunannya yang sangat nikmat ula. Dalam hal ini jangan kira peranan espresso tidak penting bagi minuman bersusu atau yang saat ini telah di variasi.

Espresso Tidak Harus Selalu Pahit

Ini merupakan alasan paling kuat supaya Anda mau mencoba espresso. Sangat salah jika Anda berfikir espresso itu hanya satu rasa yaitu pahit saja. Alangkah baiknya jika Anda menikmati espresso dari beragam house blend dan single origin, tujuannya supaya Anda tahu dan takjub bahwa espresso memang benar tak hanya pahit saja. Pada dasarnya kopi espresso tergantung dari penikmatnya mau rasa bagaimana.

Espresso Memiliki Kalori Rendah

Jika Anda sedang diet, maka espresso merupakan menu yang sudah jelas harus kamu pilih. Di antara begitu banyak jenis minuman kopi lainnya, espresso ini yang paling rendah kalorinya. So, artinya jika Anda membutuhkan energi yang penuh karena kafein tapi menimbang-nimbang perkara kalori yang ada di dalamnya maka espresso merupakan jawaban yang tepat.

Espresso Itu Cepat Saji

Semua orang pasti tahu, walaupun memang tidak secepat kopi instan atau kopi tubruk, setidaknya espresso tidak memakan waktu bermenit-menit atau berjam jam untuk disajikan. Bahkan ini bisa Anda nikmati dalam sekali teguk. Sangat tepat jika mungkin Anda sedang terburu-buru dan tidak punya waktu menikmati kopi pelan-pelan.

Saat ini ada begitu banyak kedai kopi yang mulai menjual kopi espresso, sebab selain telah banyak yang menyukainya minuman jenis ini juga mudah untuk di buat. Sehingga para barista tidak memerlukan waktu lama dalam proses pembuatannya. Dengan manfaatnya yang cukup banyak, sangat di rekomendasikan untuk Anda mulai mencobanya.

Reply