Mengenal Alat-alat Pembuatan Kopi

Anda tentu telah mengetahui bahwa kopi sudah menjadi minuman sehari hari yang tidak hanya nikmat tetapi juga mempunyai variasi rasa dan sangat tepat dikonsumsi dalam segala acara. Namun yang menjadi masalah ada banyak orang kadang kala tidak memiliki waktu untuk pergi ke coffee shop guna membeli kopi siap minum. Nah, jika sudah seperti itu, maka membuat kopi sendiri di rumah akan menjadi cara paling tepat untuk dilakukan.

Membuat kopi sendiri memang tidak akan senikmat kopi yang di buat oleh cafe, sebab biasanya Anda di rumah tidak akan memiliki beberapa alat pembuatan kopi yang cukup. Tetapi jika Anda hanya ingin menikmati seadanya saja, untuk menghilangkan rasa kantuk saat di rumah maka bisa menggunakan alat memasak pada umumnya.

Alat Membuat Kopi Nikmat yang Paling Dasar

Saat Anda mengunjungai caffe shop, disana pasti tampak berjejeran alat pembuatan kopi yang bermacam macam. Tetapi jika Anda hanya ingin menikmatinya di rumah saja, sebenarnya tidak harus mempunyai beberapa alat seperti itu. Mungkin Anda bisa menggunakan alat di bawah ini, antara lain :

Grinder Kopi

Jika Anda ingin menjaga kesegaran kopi, maka menyimpan biji kopi secara utuh adalah salah satu cara terbaiknya. Perlu di ketahui untuk menghasilkan kopi dengan rasa spesial, biji kopi perlu digiling sesaat sebelum diseduh. Nah, dalam hal ini Coffee grinder bisa menjadi pilihan terbaik, dimana mempunyai dua jenis, yakni manual dan otomatis. Namun, mau manual atau otomatis, semua bergantung dengan kebutuhan dan selera Anda.

Cerek

Sebelum air di tuangkan ke dalam gelas, cerek sangat di butuhkan sebagai tempat air hangat yang Anda masak. Pada umumnya tidak ada kewajiban untuk memilih ketel seperti apa yang paling baik. Tapi sangat di anjurkan untuk And memilih ketel leher angsa karena model ini adalah yang paling direkomendasikan.

Timbangan

Ini adalah salah alat pembuatan kopi yang sangat wajib di miliki oleh semua barista atau Anda penikmat kopi yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Kegunaan dari timbangan adalah sebagai tempat perbandingan dari campuran kopi sesuar selera Anda.

Termometer

Anda tentu tahu apa dari kegunaan dari termometer bukan ? Yaps, ini berguna untuk mengetahui suhu. Nah, disini termometer di gunakan untuk mengukur kepanasan dari air yang di masak. Dengan suhu yang pas, maka akan menghasilkan kopi nikmat untuk setiap penggilanya.

Timer

Waktu juga harus Anda ukur agar dapat menghasilkan kopi kental nikmat. Dalam hal ini untuk mengukur seberapa waktu yang di butuhkan Anda akan membutuhkan timer. Dari sana Anda akan mengetahui seberapa lama kopi tersebut di masak.

Jenis-jenis Pembuatan Kopi Manual

Seperti yang kita ketahui ada banyak alat-alat pembuatan kopi yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa sempurna. Jika Anda memang ingin membuat sebuah caffe shop, maka sangat di sarankan untuk memiliki beberapa alat untuk membuat kopi manual. Selain menghasilkan kopi yang lebih nikmat juga akan menghemat waktu Anda. Di bawah ini adalah alat yang di maksud, antara lain :

French press

Alat pembuatan kopi ini mempunyai bentuk yang elegant serta ditambah pula dengan cara pakainya yang cukup simple. Dimana Anda hanya cukup menekan atau press kopi yang sudah diseduh sehingga ampas kopi bisa tersaring di bawah. Perlu Anda ketahui, hasil yang diperoleh dari seduhan memakai french press merupakan seduhan tanpa ampas tebal seduhan, tanpa crema, cocok untuk menyuguhkan kopi single origin seperti Arabika mandailing, Arabika Gayo.

Vietnam Coffee Drip

Vietnam Coffee Drip adalah alat pembuatan kopi kedua terpopuler setelah french press Hal itu di sebabkan banyak digunakan coffe shop di Indonesia. Bahkan saat ini dengan mudah Anda dapat melihat alat pembuatan kopi Vietnam Coffee Drip disajikan bersama kopi yang Anda minta sambil menunggu tetesan kopinya selesai penuh ke dalam gelas. Selain memang cara menggunakannya cukup simple dan hasil seduhan pekat, tentu akan menjadi bahan pertimbangan yang bagus bagi penggiat kopi.

Pour Over

Alat pembuatan kopi yang satu ini dapat digunakan seperti hal nya flate drip, Hario v60, kalita wave maupun chemex yakni dengan cara menuangkan perlahan air panas di atas kopi dan menetes di bawahnya. Dengan alat hebat ini, Anda akan dapat dengan mudah membuat kopi dengan citarasa yang fruitty, ringan tapi kompleks citarasanya.

Moka Pot

Pada dasarnya alat pembuatan kopi ini mempunyai bentuk yang sama seperti halnya teko yang sering dipakai untuk memasak air. Anda akan bisa membuat kopi dengan rasa yang sangat pekat dan citarasa seperti halnya coklat. System kerjanya mengalirkan air yang dipanaskan saja, sehingga nanti akan menguap keatas melewati bubuk kopi menghasilkan kopi yang cukup keruh, semakin halus bubuk kopinya maka biasanya akan semakin keruh pula hasil seduhannya.

Demikian beberapa alat-alat pembuatan kopi yang dapat kami ulas untuk Anda. Anda mungkin capek untuk pergi ke coffe shop, maka dapat menggunakan alat dasar guna memasak kopi di rumah. Tetapi, jika Anda memang ingin membangun sebuah restorang atau cafe khusus untuk ngopi, maka sangat di rekomendasikan untuk Anda memiliki alat pembuat kopi manual di atas.

Saat Anda membeli alat-alat pembuatan kopi, harga tentu bukan masalah besar jika rasa yang di hasilkan sesuai dengan selera di lidah. Banyak orang mengatakan demi rasa puas, akna rela rugi bukan ?

Reply