Mau Coba ? Membuat Macchiato dengan Kopi Gayo

Sobat sekalian yang budiman serta seluruh kopi lover, beberapa bulan kemarin-kemarin saya pernah buat artikel “cara buat manual brew macchiato ala kadar“. Namun pada waktu itu kami membuatnya dengan kopi pilihan yakni kopi sachet nescafe.

Nah…Untuk artikel kali ini, kami membuat macchiato dengan kopi gayo. Sudah jelaskan, yang membedakannya adalah bahan kopinya. Lantas, apa yang membedakannya ?, sebenarnya dari pembuatan kopinya tidak jauh berbeda dengan yang pernah kami buat dari artikel “cara buat manual brew macchiato ala kadar”.

Kita tahu sendiri perbedaan dari kopi tersebut terletak pada harga kopi serta aroma yang berbeda dan volume isinya. Jadi untuk kopinya tersebut gradenya kami naikan dengan menggunakan kopi gayo. Kopi gayo sendiri sudah terkenal didalam maupun luar negri. Kopi yang berasal dari aceh ini, menjadi kopi yang cukup menarik perhatian kopi lover.

Selain itu hal yang membedakan lainnya, kami memilih susu merek grandfields, sebab susu yang pernah kami coba ini, memiliki buih yang cukup baik menurut versi kami

Baiklah jika masih penasaran, kami akan bahas cara pembuatannya, silahkan disimak untuk kemudian, teman-teman bisa mempraktikannya dimana saja, salah satunya bisa di coba dirumah.

Alat dan bahan yang digunakan

Seperti biasa sebelum dilakukan proses pembuatan perlunya sarana seperti alat yang menunjang dalam pembuatan serta bahan apa saja yang dibutuhkan:

Alat dan bahan bagian 1

Keterangan:

  1. Termos, sudah tau semua ya, termos ini berisikan air panas yang siap untuk melakukan penyeduhan kopi dan susu, sebenarnya tidak harus menggunakan termos, yang penting adalah alat penghasil air panas.
  2. Gelas dan alas, Siapkan gelas dan lepeknya ya sob, bisa pakai gelas apapun yang penting agak tinggi
  3. Kocoker atau french press, Alat yang harus ada untuk pembuatan foam atau buih pada susu
Alat dan bahan bagian 2

Keterangan

  1. Penuang susu / kopi atau milk jug, alat ini diperlukan untuk menuangkan susu atau bisa kopi
  2. Susu full milk cream, susu dalam hal ini kami memilih susu dengan merek grandfields, karena menghasilkan cukup baik dalam pembuatan foam atau buih
  3. Kopi gayo, Kopi dalam hal ini kami naikan lagi gradenya menjadi kopi gayo yang memiliki aroma khas

Proses pembuatan kopi

Sesudah kita bahas dari alat dan bahan yang dibutuhkan, mari saya arahkan kedalam pembuatan ya sob.., adapun pembuatannya sebagai berikut:

Langkah pertama, siapkan gelas dan alasnya, dalam hal ini pilihlah gelas yang cukup ramping serta agak tinggi, sebab yang menjadi ciri khas dari kopi ini adalah visual layer dari penampang samping kopi ketika sudah jadi.

Langkah kedua, selanjutnya adalah tuangkan 1 sendok makan kedalam milk jug dan tuangkan air panas 1/3 dari gelas.

Langkah ketiga tuangkan susu grandfields tersebut secukupnya (Lihat video dibawah) ke french press kemudian tuangkan air panas ke dalam french press tersebut setidaknya setengah dari volume french press.

Langkah keempat, aduk dengan cara mengkocok pompa french press tersebut hingga timbulnya foam atau buih susu mencapai permukaan atas.

Langkah kelima, tuangkan susu yang terdapat dalam french press tersebut ke dalam gelas yang sudah disediakan kira-kira 2/3 gelas

langkah keenam, tuangkan secara perlahan kopi dalam milk jug kedalam gelas yang sudah terdapat buih susu tersebut

Langkah ketujuh, pastikan hasil tuangkan kamu berhasil sehingga terlihat layer yang tersusun pada kopi tersebut, layer tersebut sangat jelas terlihat bagian penampang samping gelas tersebut.

Kopi macchiato kalian sudah siap untuk disruput, selamat mencobanya sendiri

Penampakan macchiato sudah jadi

Catatan: Mengapa bisa terjadi layer seperti pada penampang diatas ?, hal tersebut dikarenakan ketika kopi dituangkan maka buih atau foam tersebut akan pergi ke arah atas permukaan, karena sifatnya udara akan selalu bergerak ke atas karena ringan massa. Hal tersebut menjadikan tumpukan minuman kopi tersebut terlihat menarik.

2 Comments - Add Comment

Reply