Manfaat dan Bahaya Kafein Bagi Tubuh Manusia

Mungkin Anda akang lebih mengenal kafein ada dalam kandungan kopi, tapi sebenarnya kandungan kafein bukan hanya ada pada kopi saja. Ternyata kafein juga ada pada teh, cokelat, dan soda walupun tidak setinggi yang ada pada kopi.

Dengan kandungan yang sangat banyak pada kopi, banyak orang yang memanfaatkannya untuk beberapa hal. Tapi dengan manfaat yang cukup beragam juga tidak dapat di pungkiri ada beberapa resiko bagi mereka yang mengonsumsi kafein.

Manfaat Kafein Bagi Tubuh Manusia

Kandungan yang tinggi kafein pada kopi membuat kopi sangat di minati oleh beberapa orang di Indonesia, bahkan di dunia. Dan ternyata ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di bawah ini adalah beberapa manfaat kafein yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi kopi, antara lain:

Menurunkan berat badan

Kafein secara alamiah akan dapat membantu menurunkan berat badan ataupun mencegah kenaikan berat badan seseorang. Hal itu di sebabkan kafein bersifat bisa menekan nafsu makan dan menstimulasi terjadinya termogenesis dalam tubuh. Termogenesis ialah sebuah mekanisme tubuh yang bekerja dengan cara mengubah makanan menjadi panas dan energi secara utuh. Walaupun belum bisa dibuktikan sepenuhnya terutama efek kafein pada penurunan berat badan dalam jangka cukup lama, namun tidak dapat di pungkiri banyak produk pelangsing tubuh yang menggunakan kafein sebagai salah satu komponennya.

Meningkatkan performa olahraga

Menurut pendapat para dokter, kafein berkhasiat meningkatkan performa saat melakukan olahraga ketahanan atau endurance. Mengonsumsi kopiyang ada kandungan kafein yang dicampur dengan karbohidrat setelah berolahraga akan bisa membantu mengembalikan kadar glikogen dalam otot lebih cepat. Tidak hanya itu, kafein juga bisa meredakan gejala sakit otot yang biasanya muncul setelah berolahraga sampai 48%.

Bahaya Kafein untuk Kesehatan

Walaupun beberapa manfaat dari kafein sangat banyak, tapi tidak dapat di pungkiri ada bebeapa bahaya yang akan menyerang seseorang kala mengonsumsi kafein. Nah, di bawah ini adalah beberapa efek negatif dengan Anda menggunakan kafein setiap hari, antara lain:

Keracunan Kafein

Keracunan kafein mungkin sangat jarang terjadi, tapi ini adalah suatu kondisi atau keadaan gelisah yang di akibatkan terlalu banyak minum kopi atau minuman yang mengandung kafein, seperti mengonsumsi kopi terlalu banyak.

Bebebrapa perasaan gelisah dan bersemangat, detak jantung cepat, , gemetar, peningkatan frekuensi buang air kecil, bahkan kadang kala masalah pada sistem pencernaan ialah sebuah kondisi yang menunjukkan overdosis terhadap kafein.

Kondisi seperti ini dikarenakan oleh dosis kafein yang lebih dari 300 mg dalam satu kali mengonsumsinya. Tetapi, peningkatan toleransi kafein memerlukan dosis yang lebih banyak dari jumlah tersebut untuk mencapai efek yang sama pada tubuh.

Kecemasan dan Gangguan Tidur

Sebuah asosiasi Psikolog yang berasal dari Amerika mengaitkan bentuk tertentu dari kecemasan dan gangguan tidur pada seseorang dengan efek kafein. Kedua gangguan ini adalah hasil dari asupan kafein dalam jangka panjang, yang berakibat adanya ganguan tidur dan pola otak normal. Gejala seperti kecemasan yang dikarenakan oleh kafein termasuk diataranya ialah serangan perasaan panik dan masalah psikologis lainnya termasuk perilaku obsesif dan skizofrenia pada seseorang.

Kafein dan Jantung

Efek kafein pada jantung manusia sampai saat ini memang masih dalam penyelidikan. Tetapi apabila  dikonsumsi dalam jumlah moderat atau sangat banyak, kafein tampaknya akan mempunyai efek yang sangat negatif pada manusia

Seperti yang di ungkapkan oleh European Society of Cardiology (ESC), orang yang sangat menykai kopi menunjukkan peningkatan tekanan darah yang dikaitkan dengan penyakit jantung dan hal itu akan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Dari penjelasan di atas Anda tentu dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya efek dari kafein ini sangat beragam. Tapi secara keseluruhan, apabila Anda mengonsumsinya dengan dosis yang normal maka tidak akan ada efek yang negatif.

Bahkan bisa saja efeknya sangat positif bagi tubuh manusia. Seperti yang sering kita lihat, banyak dari mereka pecinta kopi yang kaya akan kafein mengonsumsinya untuk menghilangkan rasa kantuk saat pagi hari atau saat bekerja dikantor.

Reply