Kopi Vietnam Mantap yang Menjadi Favorit Orang Indonesia

Mungkin dari namanya ini bukan kopi yang berasal dari Indonesia, tapi dengan rasanya yang mantap hal itu membuat kopi ini sangat di sukai. Untuk beberapa orang yang suka ke cafe shop pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya kopi Vietnam.

Pada umumnya jenis kopi ini menjadi salah satu yang pasti ada dalam sebuah cafe shop. Banyak yang mengatakan, salah satu yang sangat laris saat ini pada warung atau cofe shop di Indonesia adalah kopi Vietnam.

Penyajian Kopi Vietnam

Bagi beberapa orang mungkin akan berfikir bahwa penyajian kopi Vietnam akan sama saja dengan jenis kopi yang lainnya, namun kenyataannya sungguh berbeda. Penyajian kopi Vietnam biasanya akan memakai semacam cawan aluminium yang mempunyai sejumlah lubang kecil pada bagian bawahnya.

Dan di bawahnya terdapat semacam cawan lagi yang berfungsi untuk menampung tetesan kopi dari cawan pertama tadi. Dari sana kopi akan turun setetes demi setetes sampai tidak tercipta buih seperti kopi tarik yang kita kenal. Dan apabila tetesan kopi semuanya jatuh ke bawah, barulah Anda  bisa menikmati sedapnya kopi jenis ini. Karena beberapa proses inilah, makanya banyak yang menyebut kopi ini sebagai kopi kesabaran.

Bagi Anda yang mungkin tidak tahu nama cawan tersebut, namanya adalah dripper. Tidak akan semua orang memiliki dripper di rumah, namun tidak menutup kemungkinan para pecinta kopi biasanya punya dripper di rumah. Karena pembuatannya menggunakan dripper, makanya kopi Vietnam juga ada yang menyebutnya Vietnamese drip coffee.

Perlu Anda ketahui, tidak hanya proses menikmatinya yang memakan waktu cukup lama, namun proses pembuatannya juga tidak kalah lamanya. Rasa pahit biasanya akan lebih dominan pada kopi Vietnam jika di bandingkan dengan kopi lainnya, hal itu di sebbakan karena di peroleh dari proses memanggang atau roasting biji kopi yang memakan waktu cukup lama, sehingga menjadikannya gosong seperti halnya arang.

Yang sangat di sayangkan, tidak semua orang Indonesia dapat menikmati kopi Vietnam yang strong dengan rasanya yang pahit. Pada umumnya, orang Indonesia akan lebih suka menikmati kopi ini dengan dicampur susu kental manis atau juga madu supaya bisa menyamarkan rasa pahit yang pekat.

Bagaimana Cara Membuat Kopi Vietnam?

Mungkin saat ini Anda mulai bingung dan mencari tahu bagaimana cara membuat kopi Vietnam. Anda tidak perlu khawatir, sebab beberapa saat lagi Anda akan mengetahui semuanya. Saat ini dripper bukan lagi barang yang langka, denga begitu membuat kopi Vietnam di rumah juga bukan lagi hal mustahil. Di bawah ini adalah beberapa cara membuat kopi Vietnam, antara lain:

  • Pertama tama Anda siapkan 17 – 20 gram kopi bubuk yang digiling medium.
  • Selanjutnya Anda panaskan air sampai 88 derajat celcius.
  • Langkah berikutnya Anda siapkan susu kental manis sebanyak dua sendok makan atau boleh juga lebih sesuai selera.
  • Jika sudah ada, Anda masukkan susu kental manis pada cangkir transparan.
  • Kemudian Anda letakkan metal cup di atas cangkir. Berikutnya Anda masukkan kopi ke wadah dasar metal cup dripper.
  • Agar sempurna Anda kunci dan eratkan metal press. Apabila Anda menggunakan dripper tanpa kunci, masukkan aja metal press.
  • Selanjutnya Anda tuangkan air panas hingga batas atas cangkir kira-kira 45 – 50 ml.
  • Nah, setelah Anda Anda diamkan hingga seluruh kopi menetes. Berikutnya Anda tambahkan sekitar 20 – 30 ml air panas lagi hingga cangkir penuh.
  • Jika semuanya sudah selesai Anda tingga menunggu beberapa saat sampai seluruh kopi menetes. Selanjutnya Anda aduk sampai merata.
  • Dalam hal ini apabila Anda ingin menikmati kopi Vietnam dalam keadaan dingin, maka Anda tinggal menambahkan es batu pada kopi yang telah disajikan tersebut.

Demikian beberapa ulasan penting tentang kopi Vietnam. Anda tidak akan pernah menyesal menikmati kopi ini dalam kondisi apapun. Saat cuaca panas Anda bisa menikmati kopi jenis ini dengan di tambahkan es batu. Atau saat musim hujan, Anda bisa menikmati kopi Vietnam dengan air yang di panaskan terlebih dahulu.

Reply