Kopi Japanese Ice : Kenikmatan Rasa Es Kopi Modern

Dengan terus bertambahnya orang yang tertarik di dalam dunia kopi, hal itu membuat semakin banyak pula teknik yang ditemukan untuk menikmati minuman terbaik dunia ini. Saat ini terdapat beragam metode dalam menikmati kopi panas yang terus bertransformasi. Tentunya hal tersebut, juga akan berbanding lusur di dalam membuat kopi dingin. Salah satunya yaitu membuat kopi dingin dengan metode pour over atau lebih dikenal dengan Kopi Japanese Ice.

Kopi Japanese Ice tidak memerlukan alat cold brew atau coffee dripper yang seperti layaknya membuat kopi dingin seperti yang Anda tau saat ini. Disini, hanya diperlukan sebuah dripper yang biasa dipakai dalam metode pour over V60 pada umumnya. Dan saya yakin semua pecinta kopi dengan metode manual brewing pasti memiliki dripper seperti ini. Tapi tidak hanya dripper, disini diperlukan juga paper filter karena cara membuat Kopi Japanese Ice hampir mirip dengan pour over yang biasa digunakan.

Walaupun ini tekniknya terdengar sederhana, namun kopi dingin yang satu ini bisa menghasilkan cita rasa jenius yang tak main-main. Perbedaan yang paling mencolok dalam metode pour over V60 biasa dengan Kopi Japanese Ice ini biasanya terletak pada pembuatan kopi dingin ini rasio air yang di pakai setengahnya digantikan dengan batu es yah. Sedangkan untuk pour over V60 biasanya tidak akan menggunakan batu es.

Untuk secangkir es kopi dingin Anda memerlukan dua sendok makan kopi bubuk dan 400 gram air serta empat cubes batu es. Bila Anda ingin membuat dalam porsi lebih besar, maka silakan tambahkan saja banyaknya kopi, air dan batu es sesuai yang Anda inginkan yah. Namun untuk setiap orang bisa menambahkan atau mengurangi air dan kopi sesuai selera mereka. Tidak ada pakem dan resep khusus yang di anjurkan, karena seperti meracik kopi pada umumnya, Kopi Japanese Ice pun dibuat sesuai selera penikmatnya.

Bagian terbaik dari menikmati es kopi dengan metode yang satu ini yaitu Anda tak memerlukan alat-alat mewah dan menunggu dalam waktu yang lama. Anda juga akan dengan mudah membuatnya dalam waktu yang sangat singkat. Dan yang paling wah adalah kesegaran es kopi ini sangat terjaga karena Anda bisa menggunakan biji terbaik yang baru disangrai dan tak perlu menikmatinya setelah didiamkan semalam suntuk.

Untuk porsi dua cangkir kopi, maka yang Anda perlukan adalah:

  • Siapkan 23 gram bubuk kopi (digiling medium).
  • Siapkan 230 gram air.
  • Siapkan 8 blok ice cubes berukuran besar.

Bagaiman Cara membuat Kopi Japanese Ice?

Nah, apakah Anda sudah siapkan semua alat dan bahan yang sudah tertulis di atas? Jika sudah semuanya saatnya Anda mulai membuat Kopi Japanese Ice. Tapi saya bingung, bagaimana caranya? Tenang Anda akan mengetahuinya setelah membuat artikel ini sampai selesai.

Nah, disini kami telah membuat ulasan mengenai beberapa cara membuat kopi japenese ice. Untuk lebih jelasnya Anda simak di bawah ini!

  • Pertama tama Anda panaskan air
  • Setelah itu Anda tempatkan kertas filter pada dripper (Anda bisa menggunaan Hario dripper, Chemex atau Kalita).
  • Lalu Anda basahi kertas filter lalu buang air hasil bilasan.
  • Terus Anda masukkan batu es pada server/ teko dan letakkan dripper di atasnya.
  • Jangan lupa masukkan 2 sendok makan kopi bubuk.
  • Nah, Anda tuangkan air sedikit dan biarkan selama 30 detik. Biarkan proses
  • Dsini Anda harus menuang air seperti metode pour over seperti biasa. pada umumnya proses ini bisa memakan waktu 2-3 menit.
  • Dan saat air berhenti menetes, Anda pisahkan dripper dari server/
  • Kopi Japanese Ice siap untuk dinikmati.

Jika Anda menyukai es kopi yang manis, maka disini Anda bisa menambahkan gula, krim, susu atau sirup karamel sesuai selera.

Sangat mudah bukan cara membuat kopi mantap ala Japanese Ice Coffe? So, Anda tentu bisa mulai membuatnya sendiri dari rumah donk. Yaps, cara di atas bisa Anda coba sendiri jika sedang tidak ingin keluar rumah hanya untuk menikmati kopi.

Reply