Kopi Flores dengan Rasa Beda dan Karakter Mantap

Mungkin Anda telah mengetahaui bahwa sSaat ini sudah banyak sekali jenis kopi yang beredar di seluruh daerah Indonesia, dimana dari setiap tempatnya memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Salah satu kopi yang cukup menarik perhatian saat ini dan banyak di cari para pecinta kopi adalah jenis kopi yang berasal dari daerah Flores.

 Kopi Flores mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda dari jenis kopi lainnya. Kopi jenis ini adalah kopi Arabika yang di tanam oleh masyarakat Flores di pegunungan hijau dan asri. Kopi ini ditanam pada ketinggian lahan yang mencapai 1.400m di atas permukaan laut, sehingga tidak menghrankan apabil kopi arabika dari Flores ini memiliki cita rasa yang khas dan juga unik.

Karena hal itulah, membuat kopi asal flores semakin diminati dan digemari oleh para penikmat kopi nusantara bahkan mereka dari negara luar. Dengan karakteristiknya yang terbilang unik, kira sangat tepat jika di sebut sebagai kopi spesial, terlebih lagi didukung oleh cita rasanya yang kompleks dan aromanya juga sangat khas. Jika Anda ingin kenikmatan lebih dari kopi Flores maka dapat menikmatinya dengan diseduh dan cupping atau dicicipi.

Karakteristik Kopi Flores

Perlu Anda ketahuia bahwa semua proses penanaman kopi flores, dilakukan melalui proses organik atau tidak tidak sedikitpuan menggunakan bahan kimia. Hal itu membuat kualitasnya sangat terjamin dan cita rasa kopi ini jadi lebih kuat dan wangi. Pada umumnya saat musim panen tiba, kopi flores akan berwana hijau keabu-abuan dan proses pasca panennya akan segera diolah basah maupun digiling kering.

Karakteristik alami yang ada pada kopi floresini adalah lebih ke sweetness atau mempunyai sensasi manis, memiliki tingkat keasaman yang seimbang atau medium, dan yang paling unik adalah ada cita rasa karamel, helzanut, cita rasa coklat, dan kacang macadamia. Bahkan menurut beberpa abarista kenamaan ada juga yang memiliki cita rasa herbal didalamnya dan full body.

Dengan karakteristik yang ada pada kopi flores, membuat jumlah peminatnya juga semakin meningkat, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Pada dasarnya ini adalah jenis kopi yang mampu bersaing secara sehat dengan kopi jenis lainnya.

Cara Mengolah Kopi Flores

Anda perlu mengetahui bahwa proses panen kopi Flores akan di lakukan sangat selektif dan banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan agar memperoleh hasil yang maksimal, maka dari itu membuat cara mengolahnya pun juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada cita rasa dari kopi itu sendiri.

Proses mengolah kopi jenis ini memang tidak jauh berbeda dengan cara proses kopi yang lainnya. tapi memang Kopi Flores ini ada sedikit perhatian tersendiri sehingga aroma dan cita rasanya bisa sekuat kopi yang lainnya.

Untuk pengolahan pertama, akan dilakukan dari proses pengeringan terlebih dahulu. Jadi setelah kopi di panen, selanjutnya akan di keringakan dan setelah pengeringan selesai maka hal yang harus dilakukan berikutnya ialah dengan menyangrainya pada derajat medium atau biasa disebut dengan medium roast oleh beberapa barista.

Dengan teknik tersebut akan membuat warna dan juga bau kopi bubuk yang bernuansa buah yang sudah dikeringkan. Setelah proses ini selesai, maka selanjutnya akan masuk pada proses  proses penggilingan. Yaps, ini adalah proses yang biasa dilakukan untuk menghasilkan tumbukan yang lembut sehingga tidak ada lagi butiran-butiran biji kopi yang membuat cita rasanya jadi malah hilang.

Bagaimana Memilih Kopi Flores Kualitas Terbaik?

Jika Anda adalah seorang barista, tentu harus mengetahui bagaimana kualitas dari kopi Flores yang memiliki mutu tinggi. Memang menurut beberapa ahli, ada begitu banyak cara untuk menentukan apakah kopi tersebut memang baik atau malah memiliki kualitas buruk. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips untuk Anda mengenai cara memiliki kopi Flores dengan mutu tinggi, antara lain:

  • Bebas cacat fisik yang dapat terlihat pada buahnya.
  • Cita rasanya sangat kuat.
  • Aromanya bagus dengan intensitas yang sangat kuat.
  • Rasa asam yang ada pada kopi flores harus sedang.
  • Kekentalan cukup.
  • Rasa pahit yang ada pada kopi Flores memiliki intensitas medium
  • Rasa kopi Flores setelah dicicipi bertahan cukup lama di dalam mulut
  • Rasa manisnya tidak begitu tampak
  • Keseimbangan komponen cita rasa kopi Flores cukup.

Reply