Khasiat Kopi untuk Tubuh Manusia

Kopi menawarkan rasa dan aroma yang sangat khas untuk setiap penikmatnya di seluruh dunia. Sampai sampai saat ini hampir semua orang terlena dengan kenikmatan kopi, terutama kaum adam yang memang mayoritas suka kopi.

Rasa nikmat dan wangi yang menggoda juga di barengi dengan manfaat yang sangat luar biasa. Dimana hampir semua orang memanfaatkan kandungan kafein yang ada pada kopi sebagai penagkal kantuk saat bekerja atau begadang di malam hari.

Khasiat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah di ulas di atas, bahwa selain rasanya yang nikmat kopi juga mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk tubuh. Beberapa khasiat kopi untuk kesehatan, antara lain :

Menurunkan risiko kanker hati

Beberapa studi membuktikan bahwa peminum kopi mempunyai risiko sirosis sampai di angka 80 persen lebih rendah. Sirosis merupakan perubahan jaringan menjadi jaringan parut di dalam tubuh. Sirosis merupakan salah satu penyebab kanker hati yang sangat di takuti oleh semua orang.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe dua menjadi salah satu penyakit yang menakutkan yang ada di dunia ini. Dimana menurut data ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia mengidap penyakit ini. Dan kabar baiknya Anda dapat menurunkan risiko penyakit ini dengan meminum kopi. Menurut penelitian yang di lakukan pada 2009 menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 yang sangat signifikan. Menurut penelitian tersebut, dengan Anda meminum secangkir kopi setiap hari akan bisa  menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen, sedangkan jika Anda mengonsumsinya sampai 3-4 gelas per hari bisa menurunkan risiko 24 persen.

Meringankan depresi

Pada beberapa negara yang tergolong maju, kasus depresi semakin meningkat. Gangguan mental yang satu ini menyebabkan penurunan kualitas hidup secara drastis pada seseorang. Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat yang di lakukan pada 2011, orang yang mengonsumsi kopi 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dari pada mereka yang tidak suka minum kopi.

Menurunkan risiko Alzheimer

Alzheimer adalah sebuah penyakit saraf degeneratif terbanyak di dunia dan menjadi penyebab utama kepikunan pada seseorang. Sebuah studi yang dilaporkan peneliti yang bernama Eskelinen MH dan Kivipelto M, pada 2010, membuktikan bahwa orang yang selalu mengonsumsi kopi memiliki risiko 65 persen lebih rendah dari ancaman Alzheimer. Menurut mereka minum kopi 3-5 gelas sehari disebut jumlah yang ideal.

Mengurangi risiko Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan sebuah penyakit saraf degeneratif yang paling umum kedua di dunia. Penyakit yang satu ini ditandai dengan kematian sel-sel penghasil dopamin di otak. Dalam sebuah studi di jelaskan bahwa orang yang minum tiga cangkir kopi per hari memiliki risiko 29 persen lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Tapi jenis kopi yang mengandung kafein tinggi seperti jenis kopi robusta.

Menurunkan risiko kematian dini

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu yang menyebabkan penuaan merupakan kerusakan pada sel oksidatif. Kandungan antioksidan yang sangat banyal, membuat kopi dapat memperlambat proses penuaan. Bahkan hal itu di buktinya dengan sebuah studi National Institute of Health, 2012, terhadap 402.260 orang berusia 50-71, dari hasil penelitian tersebut di temukan bahwa kopi bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan

Ternyata manfaat kopi sangat banyak untuk kehidupan manusia, selain yang telah di jelaskan di atas kpi juga bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa umumnya kopi dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk dan menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin.

Tapi mungkin sebagian orang belum mengetahui bahwa kopi juga bisa di pakai sebagai masker wajah dan tubuh yang sangat berkhasiat. Dengan kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi berupa flavonoid dan polifenol membuat masker kopi tersebut akan mampu mencegah serangan zat radikal bebas yang bisa saja menimbulkan masalah pada kulit.

Tetapi Anda perlu tahu bahwa jenis kopi yang digunakan sebagai bahan dasar masker ini bukanlah kopi sachetan yang dijual di toko-toko.  Sangat di sarankan untuk menggunakan bubuk kopi murni untuk mendapatkan hasil masksimal. Di bawah ini adalah beberapa khasiat kopi untuk kecantikan, antara lain :

  1. Kopi dapat menangkal radikal bebas, kulit yang sering terpapar radikal bebas akan bisa menyebabkan penuaan dini dan bisa pula membuat kulit keriput. Nah dengan Anda menggunakan masker kopi secara berkala, hal itu akan dapat membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan menjaga kekencangan dan elastisitas pada kulit Anda.
  2. Minyak yang sangat berlebih adalah salah penyebab munculnya jerawat, kulit kusam serta kering. Tetapi, kopi mampu mengontrol minyak berlebih tersebut pada kulit jika Anda gunakan sebagai masker.
  3. Pori-pori yang besar pada kulit tentu akan dapat membuat wajah tidak enak dipandang, kasar. Dan hal itu akan membuat kotoran mudah  masuk dan tentunya memicu munculnya komedo dan jerawat. Penggunaan masker kopi secara berkala menurut dokter akan mampu memperkecil pori-pori wajah.
  4. Penggunaan masker kopi pada kulit wajah Anda akan mampu menyegarkan kulit. Tidak hanya itu saha, aroma kopi bisa membuat pikiran lebih rileks dan tenang.
  5. Masker kopi bisa membuat kulit wajah Anda tampak cerah serta menyamarkan noda hitam seperti bekas jerawat dan bekas luka.
  6. Terakhir yang sangat luar biasa dari kopi adalah mampu meminimalkan resiko kanker pada kulit

Reply