Ketahui Lebih Lanjut Apa itu Kopi Affogato

Jika berbicara kopi, maka yang terlinta di kepala kita adalah rasa nikmat. Kopi bisa di katakan sebagai minuman yang paling poluler di dunia, dimana kebutuhan kopi saat ini semakin bertambah seiring penikmat kopi yang semakin bertambah.

Saat ini kopi banyak di sajikan dengan beberapa variasi sehingga tercipta kopi dengan rasa dan kelas yang lebih modern. Misalkan saja seperti macchiato, cappucino, dan Affogato. Namun pada artikel ini kita akan khusus mengulas tentang kopi Affogato.

Apa itu Kopi Affogato ?

Affogato ini merupakan jenis kopi hasil dari kombinasi sempurna antara es krim vanila lembut atau biasa disebut gelato serta siraman espresso yang menggugah lidah dan peredaran darah. Perpaduan kombinasi tersebut tentu akan dapat menghasilkan kenikmatan kopi yang kuat, lembut, nikmat dan melumer di lidah. Jadi tidak mengherankan jika Affogato semakin banyak penggemarnya.

Secara etimologi, kata dari Affogato memiliki makna tenggelam. Hal tersebut tercermin dari cara penyajian yang dapat Anda lihat di beberapa restaurant. Dimana meraka membuatnya dengan cara menenggelamkan satu scoop es krim vanila gelato dalam cairan espresso. Sekedar informasi, di Italia ternyata tidak hanya kopi (espresso) saja yang dijadikan cairan penenggelamnya pada Affogato, tapi juga ada amaretto, bicerin, dan berbagai jenis minuman lainnya.

Perlu Anda ketahui amaretto merupakan minuman beralkohol khas Italia. Dimana mempunyai kadar gula cukup tinggi, yaitu setidak-tidaknya 100 gram kadar gula per liternya. Menurut orang Italia amaretto berbahan dasar buah kenari atau biji dari buah aprikot yang dicampurkan rata dengan rempah-rempah seperti vanili. Pada umumnya amaretto ini berkadar alkohol 25%.

Tetapi tidak ada keharusan untuk Anda menggunakan amaretto sebagai campuran affogato. Sebab rasa yang di tawarkan tidak jauh berbeda, hanya ada sensasi lain jika Anda menggunakan amaretto. Bagi orang Indonesia yang memang penduduknya mayoritas islam, penggunaan amaretto pada affogato tentu di larang.

Tapi pada umumnya affogato ini merupakan perpaduan mantap antara kopi dan es krim. Hidangan khas yang berasal dari Italia ini, memiliki rasa yang terbilang unik. Hal itu tentu sangat berbeda dengan minuman kopi yang memakai whiped cream sebagai penambahan satu scoop es krim, affogato ini akan lebih menekankan kuatnya (murninya) espresso. So, artinya tidak ada penambahan lain selain espresso.

Resep Mambuat Affogato

Dengan banyaknya orang yang ingin tahu bagaimana rasa dari kopi affogato, saat ini ada banyak yang mencar cara membuatnya. Selain karena tidak banyak kedai kopi yang menjualnya, harga yang biasanya di tawarkan oleh kedai tersebut juga menjadi pertimbangan. Akhirnya mencari cara sendiri tentang resep membuat kopi affogato. Di bawah ini adalah beberapa bahannya, antara lain :

  • Whipping cream bubuk => 100 gram
  • Air dingin => 200 Mililiter
  • Susu kental manis => 100 mililiter
  • Essens vanila => 1 sendok teh
  • Toping => jika Anda mau

Cara Membuat Kopi Affogato

Setelah Anda mengetahui beberapa resep untuk membuatnya, sekarang waktunya Anda pelajari bagaimana cara membuat kopi affogato, antara lain :

  • Pertama tama Anda masukkan whipping cream ke dalam mangkuk.
  • Sealnjutnya Anda tambahkan air dingin.
  • Jika sudah selesai kocok dengan mixer hingga mengental dan kaku.
  • Lankah berikutnya Anda masukkan susu kental manis essens vanila, aduk hingga rata.
  • Terakhir Anda tuang ke dalam wadah, simpan di dalam freezer hingga membeku.

Sensasi Menikmati Kopi Affogato

Perlu Anda ketahui cara menikmati affogato bisa terbilang unik. hal itu di sebabkan dua shots kopi espresso panas perlahan dituang dalam gelas berisi es krim yang dingin. Disana dapat Anda lihat perlahan tapi pasti bagian atas es krim melebur dan harus dinikmati segera.

Ada satu hal yang harus di ingat, sebelum Anda menikmati affogato, pastikan perut sudah terisi. Sebab apabila dalam keadaan perut kosong, dikhawatirkan espresso-nya malah membuat perut Anda jadi kembung.

Dan saat kopi dituang, aroma kopi yang kuat terasa sedap dan menggoda. pada dasarnya ini akan sama seperti sajian es krim ber-topping lain, hidangan ini nikmat disantap dengan sendok mungil, terlebih lagi jika Anda memang sedang bersama pacar, pasti akan sangat romantis. Perlu Anda ketahui saat mulai di santap, suhu kopi biasnaya akan berubah menjadi dingin.

Kopi Affogato adalah salah jenis minuman yang sangat pas di santap sebagai makanan penutup. Rasa sedap dan gurih dari kopi tersebut tentu akan membuat Anda merasa ketagihan untuk menikmatinya lagi dan lagi.

Perlu Anda ketahui beberapa coffee shop yang ada di Indonesia atau bahkan di dunia banyak yang memodifikasi kopi affogato ini. Di antara mereka ada yang menambahkan topping di atas es krim dengan cokelat, kacang, permen, bahkan ada yang menggunakan buah buahan. Tidak hanya itu saja, tapi ada pula yang memberi isian di dalam es krim seperti puding atau roti.

Sebenarnya tidak ada pula ketentuan yang pasti mengenai bagaimana cara minum kopi affogato ini. Memang ada beberapa orang yang suka melumerkan es krimnya dengan espresso sehingga dapat langsung diminum. Selain itu, ada pula yang lebih suka menyantapnya dengan memakai sendok kecil selayaknya menikmati gelato atau beberapa makanan toping lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai kopi affogato, kami berharap dengan artikel sederhana ini Anda dapat mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya kopi yang saat ini sangat di sukai oleh masyarakat Indonesia ini.

Reply