Ketahui, Cara Buat Es Kopi Milenial

Halo sob, saya sempatkan ketika jalan-jalan ke pantai di kepulauan seribu untuk membuat tutorial kopi mengenai Pembuatan Es Kopi Milenial gitu loh….

Semua kalangan bisa kok buat kopi, namun dalam beberapa pembuatan yang telah kami lakukan serta dokumentasikan, rata-rata pembuatannya cara manual semua (artinya tidak menggunakan mesin khusus).

Sobat sekalian bisa membuat kopi racikan manual ala cafe dimana saja, kapan pun juga. Namun demikian untuk saat-saat ini saya sarankan sobat buat kopi ini dirumah saja, karena tau sendiri kan lagi ada ancaman diluar rumah (covid 19).

Kita juga bisa mengajak beberapa teman atau keluarga dalam pembuatannya. Bisa juga mereka sebagai pencicip racikan kita.

Baiklah, sudah tidak sabar dan penasaran silahkan disimak pembuatan es kopi milenial dibawah ini:

Alat dan Bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan hai…

Siapkan dulu donk alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan, untuk kali ini baristalakadar menyarankan untuk menggunakan beberapa item seperti gambar dibawah ini:

Alat – alat yang perlu dipersiapkan

Dari gambar diatas ada 4 item yang kita butuhkan,

  1. Penuang susu / milk jug berfungsi untuk melakukan penuangan susu atau kopi
  2. French Press, kami biasa menyebutnya kocoker, alat satu ini berperan penting pada saat proses mengocok susu agar menjadi foam yang diinginkan
  3. Termos stainless steel isi air panas, untuk yang satu ini bisa digantikan alat yang lain, asalkan bisa menghasilkan air panas untuk proses penyeduhan.
  4. Gelas dan es batu, untuk gelas usahakan cari yang agak tinggi dan langsing, maksudnya adalah bisa menampilkan visual yang menakjubkan, untuk es batu sendiri silahkan menggunakan es batu hasil cetakan dengan bentuk kotak-kotak

Setelah kita menyiapkan alat-alatnya tersebut kita lengkapi dengan bahan yang akan digunakan, gambar dibawah ini kami informasikan bahan yang dipakai:

Bahan pembuatan kopi

Sederhana, gambar diatas merupakan bahan yang kami rekomendasikan yakni:

05. Kopi Nescafe sachet, kopi ini kami rekomendasikan namun sobat bisa menggantikan dengan kopi sachet lainnnya, jika ingin melakukan eskperimen.

06. Susu kental manis frisian flag, yapss, susu ini kami rekomendasikan

Cara Pembuatan Kopi

Nah..nah..nah, waktunya kita membuat kopi ala cafe sob..

Langkah pertama kita siapkan french press, masukan semua isi dari susu kental manis merek frisian flag ke alat tersebut.

Tuangkan air panas tersebut ke dalam french press yang sudah terdapat susu kental manis, isilah separuh dari volume french press tersebut, kemudian silahkan diaduk.

Lalu kocoklah susu tersebut dalam french press hingga terjadi buih atau foam yang akan kita pakai atau butuhkan.

Siapkanlah milk jug (alat penuang susu/kopi), masukan semua isi kopi sachet nescafe bubuk tersebut.

Tuangkanlah air panas atau proses penyeduhan kopi tersebut secukupnya, yah…kira-kira kita bisa ambil takaran dari tutup termos tersebut, kemudian aduklah secukupnya.

Langkah selanjutnya siapkanlah gelas yang sudah berisi es batu tersebut, tuangkanlah susu dalam french press tersebut secara hati-hati (sobat bisa lihat video dibawah ini)

Terakhir tuangkanlah milk jug yang sudah berisi seduhan kopi tersebut kedalam gelas yang sudah berisi es batu dan juga susu.

Sobat bisa menambahkan beberapa toping diatasnya jika mau, seperti bubuk coklat, jangan lupa sipakan sedotan.

Sobat bisa mencoba tutorial tersebut dirumah bersama teman atau saudara, keluarga agar menjadi makin asyik.

Silahkan dicoba ya….

Reply