Karakter, Rasa dan Jenis-jenis Kopi Papua yang Dikenal Dunia Sangat Mantap

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa Indonesia mempunyai beeragam jenis Kopi. Bahkan untuk satu jenis kopi Arabika saja, di negeri ini masih dibeda-bedakan yang didasarkan dari asal mereka. Hal itu di sebabkan rasa kopi biasanya akan sangat dipengaruhi oleh jenis tanah, iklim dan ketinggian wilayah. Salah satu jenis kopi Indonesia yang saat ini sudah mendunia adalah kopi papua.

Tidak banyak orang tahu bahwa di Papua terdapat beberapa daerah yang pas banget untuk tanaman kopi dan memang telah dikembangkan sejak jaman Belanda. Dalam hal ini kita bisa ambil contoh kopi Wamena, ini adalah kumpulan dari beberapa kopi jenis arabika yang tersebar di daerah lembah Baliem, maka dari itu di kenal dengan nama Arabika Baliem yang biasanya  berasal dari daerah Lanijaya, Tolikara, Intan Jaya sampai ke Mamberamo tengah.

Kopi Wamena merupakan salah satu jenis kopi dari Papua yang paling dikenal banyak orang di Indonesia, bahkan saat ini memang menjadi salah satu jenis kopi yang banyak di ekspor ke beberapa negara di Asia atau Eropa. Dengan rasanya yang mantap, rasanya Anda akan rugi jika belum pernah menikmatinya.

Karakteristik & Rasa Kopi Papua Wamena

Kopi Papua Wamena memang memiliki karakteristik yang tidak akan di miliki oleh jenis kopi lainnya. Dari sarany, kopi papua wamena sangat unik, ada yang mempunyai aroma cokelat dan floral, asam yang sedang, sampai body dari bijinya yang medium. Menurut beberapa penikmat kopi, aroma floral yang jarang ditemui ini dikarenakan oleh ketinggian tanah dan cara penanaman yang tidak sedikitpun menggunakan pestisida.

Jenis-Jenis Kopi Terbaik Papua

Dengan keadaan dan kondisi geografis yang tinggi itu membuat kualitas kopi Arabika Papua terus terjaga hingga kini. Tidak hanya bebas polusi, bebas hama, proses perawatan di daerah ini tidak memerlukan pupuk kimia seperti halnya pestisida dan lain-lain.

Sifat alamiah inilah yang membuat kopi Papua menjadi kopi yang wangi dan akan sangat sulit di temukan di tempat lain. Kopi yang tumbuh ditempat lemayan tinggi, dapat di pastikan akan mempunyai kandungan antioksidan 10 kali lebih besar dari buah lemon dan kadar keasamannya bisanya juga sangat rendah. Di bawah ini adalah beberapa jenis kopi Papua, antara lain:

Kopi Wamena alias Arabika Baliem

Kopi Wamena adalah jenis kopi varietas Arabika yang cukup terkenal di dalam dan luar negeri. Kopi ini bisa Anda temui di beberapa kedai kopi besar di Indonesia. Bahkan menurut data yang berhasil kami himpun di tahun 2011 saja, kopi Wamena telah diekspor 36 Ton ke Amerika.

Pada umumnya kopi Wamena berasal dari kawasan Lani Jaya, Tolikara, Intan Jaya sampai Mamberamo tengah. Mengenai kualitas kopi wamena ini, tentu tidak perlu digarukan lagi. Kopi jenis ini, memang sudah sejak lama mendominasi bebera kefe dan hotel di Papua dan bahkan saat ini telah mejadi salah satu coffee signature yang dimiliki kedai kopi berkelas dunia atau Internasional, misalkan saja Starbucks.

Amungme Gold Arabica Coffee / Kopi Timika

Untuk jenis kopi ini sebenarnya juga cukup di kenal dalam keterbatasan jumlah produksi. Mengenai kata Amungme, itu merujuk pada suku asli pemilik tanah yang dikelola oleh Freeport. Sedangkan untuk kata gold merujuk pada logam muliah yang di produksi perusahan ternama Freeport, yang saat ini juga merupakan sponsor utama koperasi pembuat dari kopi Amungme Gold Arabica.

Pada umumnya kopi ini mempunyai kualitas yang sebanding dengan kopi Wamena kerena tumbuh di ketinggian yang hapir setara. Mengenai proses pengolahannya juga tidak sedikitpun menggunakan  bahan kimia. Kala di sajikan, aroma dan cita rasanya akan menebar kenikmataian yang menundukan gelisa.

Tapi sungguh di sayangkan, secara kuantitas kopi jenis ini diproduksi secara terbatas serta dijual secara terbatas pula. Salah satu yang menyebabkan produksinya terbatas adalah harga produksi lebih besar dari pada keuntungan.

Tapi dalam beberapa tahun ke depan di prediksi, jenis kopi ini juga bakal terkenal ke seluruh dunia. Dengan rasa yang mantap tentu akan membuat penikmat dari kopi jenis ini akan ketagihan.

Reply