Jenis-jenis Tanaman Kopi Didunia

Jika kita hitung mungkin jenis-jenis tanaman kopi didunia saat ini sangat banyak, bahkan mungkin jika di hitung tidak akan selesai dalam waktu satu hari. Kopi adalah jenis minuman yang sangat di gemari di dunia, terlebih lagi untuk mereka kaum adam. Sebab selain rasanya yang mantep, juga mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Mungkin di dunia ini jenis tanaman kopi didunia yang paling mahal adalah kopi luwak. Hal itu di sebabkan kopi jenis ini mempunyai rasa yang sangat mantap dan mungkin tidak akan ada yang bisa menandinginya.

Jenis-jenis Tanaman Kopi Didunia yang Mempunyai Rasa Luar Biasa

Ada banyak ragam dan jenis kopi di dunia ini, tapi tentu mengenai cita rasanya tidak akan sama. Ada beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut, tapi secara umum manfaatnya sama. Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis tanaman kopi didunia yang mempunya cita rasa sempurna, antara lain :

Kopi Luwak

Mungkin untuk pecinta kopi pasti sering mendengar jenis kopi yang satu ini. Kopi luwak memang salah satu kopi yang cukup fenomenal, hal itu di karenakan saat ini kopi luwak dinobatkan sebagai salah satu jenis kopi termahal di dunia. Selain mahal, kopi yang satu ini dihasilkan melalui proses yang cukup aneh dan tidak bisa. Dimana kopi harus dimakan dulu oleh luwak, lalu kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna dengan sempurna itu diambil dan selanjutnya diproses untuk jadi minuman yang dapat dinikmati semua oang.

Kopi Arabika

Untuk kopi jenis ini memang salah satu kopi yang paling terkenal hal itu di karenakan tersebar hampir di seluruh dunia. Perlu Anda ketahui kopi Arabika dianggap sebagai kopi tradisional dengan cita rasa yang paling baik oleh para pecinta kopi di dunia. Jadi tidak mengherakan bila kopi yang biasa tumbuh di daerah sejuk dan dingin ini menguasai pasar kopi dunia, dengan persentase sebanyak 70-80% dari jumlah kopi yang beredar di pasaran kopi dunia. Kopi arabika mempunyai ciri-ciri ukuran biji yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis kopi yang lainnya. Tidak hanya itu saja, kopi arabika juga mempunyai  rasa dan aroma yang lebih nikmat, bahkan kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga baik untuk dikonsumsi untuk segala jenis usia.

Kopi Robusta

Untuk jenis kopi yang satu ini mempunyai ciri-ciri ukuran biji yang besar dan biasanya berbentuk oval. Kopi yang satu ini pada umumnya akan tumbuh di negara-negara beriklim tropis dan subtropis ini tidak mempunyai aroma dan rasa sebaik kopi arabika. Hal unik dari kopi ini adalah rasanya lebih pahit dan sedikit asam, serta kandungan kafeinnya lebih tinggi dari beberapa jenis kopi lainnya.

Kopi Liberika

Pada umumnya jenis kopi yang satu ini memang belum terlalu banyak beredar di pasar kopi dunia, hal itu di sebabkan masih sangat sedikit produsen kopi yang mengembangkannya. Perlu Anda ketahui jenis kopi ini berasal dari biji kopi Arabika dan Robusta yang dipadukan sehingga menghasilkan kopi dengan cita rasa kelas dunia. Mungkin saat ini, Anda cuma bisa mendapati jenis kopi ini di Liberia, Afrika. Mengenai harganya memang tergolong mahal, karena rasanya yang sangat lezat.

Kopi Kolombia

Kopi Kolombia saat ini masuk dalam jenis tanaman kopi yang enak dan populer di dunia. Sesuai dengan negara namanya, jenis kopi yang satu ini berasal dari Kolombia dan mungkin tidak akan dapat ditemukan di daerah lainnya. Pada umumnya biji kopi Kolombia awalnya berasal dari Afrika dan masih termasuk jenis kopi Arabika. Namu mengenai rasanyan, kopi Kolombia ini lebih nikmat dibandingkan kopi Arabika biasa.

Kopi Excelsa

Kopi excelsa atau sangat terkenal dengan Coffea excelsa adalah salah satu jenis kopi yang paling toleran terhadap ketinggian lahan. Kopi yang satu ini bisa tumbuh dengan baik didataran rendah mulai 0-750 meter dpl saja. Perlu Anda ketahui pohon kopi excelsa bisa menjulang hingga 20 meter. Untuk bentuk daunnya besar dan lebar dengan warna hijau keabu-abuan yang tentu beda dari kopibiasanya yang sering kita lihat. Selain itu kulit buahnya lembut, bisa dikupas dengan mudah oleh tangan. Hebatnya lagi kopi excelsa sangat tahan terhadap suhu tinggi dan kekeringan. Tidak berhenti di sana, kelebihan lain jenis kopi excelsa bisa tumbuh baik di lahan gambut.

Kopi Jamaika

Selanjutnya jenis-jenis tanaman kopi didunia selanjutnya adalah Kopi Jamaika atau yang biasa dikenal dengan Jamaican Blue Mountain. Jenis kopi yang satu ini dibudidayakan di Jamaica’s Blue Mountains. Walaupun berasal dari tanaman kopi biasa, tapi mengenai rasanya justru kopi ini jauh dari kata biasa, dan harganya sangat mahal. Bahkan saat ini termasuk salah satu kopi premium dengan harga tertinggi di dunia. Perlu Anda ketagui kopi jenis ini mempunyai beberapa keunggulan spesial, yakni rasanya tidak pahit dan teksturnya yang ringan, rasanya hampir seperti krim, dan sangat kompleks.

Demikian beberapa jenis-jenis tanaman kopi didunia yang sangat kaya dengan cita rasa spesial. Anda mungkin tidak akan menemukan semuanya di Indonesia, sebab pada umumnya di Indonesia hanya ada kopi Robusta dan Arabika saja.

Untuk kenikmatan dan rasanya, Anda tidak perlu khawatir pada jenis-jenis tanaman kopi didunia yang telah di jelaskan di atas. Selain rasanya yang sangat luar biasa nikmat, tapi harganya juga cukup mahal lho!

Reply