French Press, Alat Seduh Kopi Manual yang Cukup Populer

Bagi sebagian orang mungkin belum pernah mengetahui French press itu apa dan kegunaannya untuk apa, meski terkadang bagi penikmat kopi sendiri juga tidak paham dari alat ini. Hal tersebut wajar karena mereka jarang menggunakan alat ini, bagi barista alat ini sudah umum digunakan bagi mereka yang membuat kopi dengan jalan seduh manual.

Pengertian dan kegunaan french press

French press adalah alat manual yang biasa digunakan untuk menyeduh kopi dengan jalan teknik manual penekanan melalui handel as pada atas tutupnya guna memisahkan ampas kopi dengan air panas pada saat blooming.

Sama dengan beberapa alat seduh manual lainnya seperti aeropress, moka pot, v60 dll, dengan tujuan menghasilkan ekstrasi  kopi yang kuat namun masing-masing mempunyai hasil cita rasa yang berbeda dan tergantung selera masing-masing. Namun demikian disarankan menggunakan bubuk kopi yang memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan tekstur halus, hal ini disebabkan bubuk kopi tekstur halus yang akan menjadi ampas kopi masih bisa merembes keluar melalui filter French press sehingga seduhan kopi tersebut akan tercampur dengan ampas.

Baca Juga

Takaran Kopi untuk French Press Agar Menghasilkan Rasa yang Mantap

Disamping digunakan untuk seduh kopi alat ini juga bisa digunakan untuk pembuatan buih atau foam pada susu hangat dalam tabung French press. Dengan jalan memompa dan menimbulkan penekanan secara berulang maka akan menghasilkan buih susu yang diinginkan. Foam ini dibutuhkan pada saat jenis kopi seperti coffee lathe, macchiato, cappuccino, dll.

Keuntungan dari menggunakan alat manual adalah lebih murah biaya serta perawatan dan mudah digunakan oleh kalangan siapa pun. Selain dikenal French press alat ini bisa juga disebut dengan istilah coffee plunger, press pot.

Desain dan model

Apakah kamu mengetahui darimana alat ini berasal ?, italia merupakan negara yang sering berkarya akan kopi-kopi istimewa beserta alat-alatnya. Desain french press dipatenkan oleh kebangsaan italia bernama Attilio Calimani kurang lebih pada tahun 1929. Dari tiap waktu desain dan model french press mengalami perubahan. Hingga desain terakhir yang biasa kita temui pada abad modernisasi kini.

Model French press terdiri dari bentuk tabung dengan bahan kaca dan beberapa tambahan lempengan logam serta bagian tutup yang diberi lubang untuk as pada saat melakukan penekanan naik-turun. Logam tersebut terbuat dari bahan stainless steel, sehingga aman digunakan untuk kategori minuman.

Terdapat beberapa model  desain untuk saat ini yang membuat konsumen bisa memilih sesuai selera. Dari segi harga alat manual ini lebih terjangkau dan mudah perawatan serta saat melakukan pembersihan. Namun demikian desain yang terbuat dari full logam stainless steel tentu memiliki harga yang lebih mahal ketimbang material campuran dengan kaca.

Cara menggunakan alat French press sederhana

Langkah pertama adalah siapkan alat manual French press serta bersihkan terlebih dahulu.

Langkah kedua siapakan bubuk kopi pilihan, namun pilihlah bubuk kopi yang masih memiliki tekstur agak kasar. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa pahit pada kopi tersebut juga menahan partikel ampas kopi yang tertuang dalam cangkir.

Langkah ketiga panaskan air hingga mendidih dan dinginkan selama kurang lebih 1 menit setelah proses memasak air.

Langkah keempat adalah proses blooming yakni tuangkan air panas (jangan penuh-penuh sedikit saja, hanya beberapa ml air) ke dalam French press yang sudah dimasukan bubuk kopi kisaran 10 – 16 gr. Pada kasus ini kopi akan melepas zat karbon penghasil dari pahit serta aroma kopi yang khas tercium dengan mantap.

Langkah kelima adalah ekstraksi , setelah proses blooming maka masukan kembali sisa air panas setelah didiamkan selama 30 detik serta tutup kisaran waktu 5 menit. Dari proses ini maka aroma tercium kuat dan mulai proses ekstraksi.

Langkah keenam Proses pemberian penekanan, tekanlah as pada tutup French press tersebut secara perlahan dengan mendorong kebawah, hal ini dimaksudkan agar ampas kopi terdorong hingga dasar tabung French press

Langkah ketujuh adalah tuangkan seduhan kopi tersebut kedalam cangkir dan siap untuk dihidangkan.

Demikian informasi yang kami berikan mengenai French press alat manual yang cukup popular dikalangan barista. Bagaimana dengan kamu, apakah tidak ingin mencobanya ?, kamu bisa membuat kopi dimanapun karena alat ini portable. Namun jangan lupa untuk berbagi kopi dengan teman, sahabat maupun keluarga. Apakah kamu ingin memilikinya ?

Reply