Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia Terbaik yang Terkenal ke Seluruh Dunia

Mungkin dunia telah mengetahui gaung dari kopi Indonesia yang memang mempunyai cita rasa luar biasa sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan berdasarkan survei, Indonesia berada pada peringkat keempat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan tingkat produksi yang mencapai 669.000 ton/tahun. Dan tidak salah kiranya apabila muncul pernyataan bahwa Indonesia merupakan surga kopi.

Sebelumnya memang budaya minum kopi bukanlah budaya asli orang Indonesia. Hal itu jauh sebelum tanaman ini didatangkan oleh Belanda ke Indonesia, dan menurut para sejarawan minum kopi telah jadi budaya masyarakat Timur Tengah. Dimana kala itu Turki sebagai salah satu negara timur tengah memperkenalkan minuman legendaris ini kepada orang-orang Eropa dan pada akhirnya meluas ke penjuru dunia. Tidak terkecuali Indonesia.

Perkebunan Kopi di Indonesia sangat banyak, bahkan menyebar dari sabang sampai merauke. Hal ini di karenakan tanah Indonesia sangat subur, sehingga zaman penjajahan dulu hampir semua rakyat di wajibkan untuk menanam kopi.

Perkebunan Kopi di Indonesia yang Sangat Terkenal ke Manca Negara

Cita rasa yang luar biasa mungkin tidak dapat di ragukan lagi dari kopi Indonesia. Ada beberapa Perkebunan Kopi di Indonesia yang terkenal ke seluruh dunia, dimana memang menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik, antara lain :

Arabika Bajawa

Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia Terbaik pertama ada di dataran tinggi Ngada, Flores. Kopi dari daerah ini memang sudah banyak orang tahu bahkan mancanegara mengenalnya yaitu kopi arabika Bajawa. Kopi yang di hasilkan oleh tanah Flores mempunyai kadar asam yang cukup tinggi, dimana hal itu memberikan cita rasa yang berbeda dari kopi arabika lainnya. Perlu di ketahui jenis kopi bajawa ini menjadi salah satu idola yang memang memberi kenikmatan yang unik serta menawan. Menurut beberapa sumber yang di himpun mengatakan bahwa kopi jenis arabika ini dibudidayakan langsung oleh penduduk Ngada yang secara turun temurun diwariskan sebagai salah satu sumber penghasilan mereka.

Kopi Toraja

Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia selanjutnya adalah kopi Toraja. Kopi Toraja memang sangat terkenal, bahkan sudah mengaung sampai ke mancanegara. Untuk membuat jenis kopi ini terkenal, bahkan orang membuat paket tour untuk jalan-jalan ke daerah perkebunan kopi di Toraja yang bertujuan agar anak cucu mereka mengenal budaya Indonesia. Kopi Toraja juga mempunyai rasa yang sangat mantap dan memang tidak kalah dengan kopi Arabika Bajawa yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Robusta Sidikalang

Robusta Sidikalang adalah salah satu Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia yang sebagian besar menguasai industry kopi sekitar 30% diseluruh dunia. Daerah berada di Sumatera Utara. Mungkin semua orang tahu bahwa Indonesia yang menghasilkan kopi ini ternyata memiliki kontur tanah yang sangat baik untuk menanam kopi, sehingga kopi yang tumbuh di area ini merupakan kopi dengan kualitas terbaik. Selain itu, kopi ini mempunyai rasa yang sangat enak sehingga saat ini menjadi salah satu kopi yang terkenal diseluruh mancanegara. Perlu Anda ketahui rasa kopi Sidikalang ini manis yang hampir mirip dengan rasa coklat. selain itu, ini yang di hasilkan di daerah ini mempunyai warna yang sangat bervariasi sesuai dengan proses pengolahannya masing-masing.

Kopi Arabika Gayo

Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia selanjutnya ada di Aceh, dimana tanah disini menghasilkan kopI jenis Arabika Gayo. Perlu Anda ketahui lahan produksi yang dimiliki oleh daerah Aceh Tengah serta Bener Meriah ini merupakan lahan produksi yang terbesar di Asia. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu lagi bahwa kopi jenis ini sudah banyak yang mencobanya dan terkenal di dunia.

Kopi Garut

Tidak mau kalah dengan Sumatra yang memiliki perkebunan kopi yang sangat luas, di daerah Jawa barat juga merupakan salah satu Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia yang terkenal di seluruh dunia yaitu Garut. Kopi jenis Arabica yang ada di daerah ini disebut-sebut sebagai kopi berkualitas internasional yang memang telah di ekspor ke negara Australia. Menurut beberapa sumber yang di percaya kopi jenis ini ditanam di daerah perkebunan tatar Sunda yang memiliki sensasi mild. Dalam penelitian menyebutkan bahwa kopi yang ditanam di ketinggian 1000 mdpl ini berpotensi sebagai kopi yang bisa merajai dunia karena system pengolahannya sudah memenuhi syarat standar internasional.

Kopi Banaran Ambarawa

Selanjutnya Daerah Perkebunan Kopi di Indonesia terbaik ada di Jawa Tengah, di perkebunan tersebut jenis kopi yang di tanam adalah kopi Banaran. Kopi banaran merupakan jenis kopi yang dihasilkan dari perkebunan di Banaran, Ambarawa. Perlu Anda ketahui perkebunan kopi yang juga dijadikan tempat wisata ini mempunyai karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan kopi lainnya di Indonesia. Ada hal unik di perkebunan ini, dimana kopi jenis robusta dan arabika ini ditanam bersamaan ditanah Banaran. Meskipun memang tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata, namun mengenai cita rasanya kopi banaran tidak kalah dengan kopi lain yang terkenal di luar negeri.

Bagaimana, Anda sudah tahu bukan beberapa daerah Perkebunan Kopi di Indonesia yang mempunyai kualitas terbaik sekarang ? Ini merupakan anugrah dari tuhan yang maha esa untuk membuat rakyat Indonesia sejahtera. Maka dari itu, mari kita jaga beberapa daerah ini agar kita sebagai orang Indonesia masih bisa menikmati cita rasa kopi nikmat tanpa harus beli ke luar negeri.

Reply