Cocoa Duster Biasa dikenal dengan Nama Penabur Coklat

Jika kita berbicara tentang kopi banyak hal yang kita ketahui ataupun hal yang tidak diketahui. Salah satunya adalah cara pembuatan. Mungkin seseorang yang datang ke coffee shop ingin menikmati waktu rileks yang ditemani dengan secangkir kopi.

Orang yang seperti ini tidak pedulikan bagaimana kopi itu dibuat, yang penting hadir dan bisa untuk segera diseruput dan disandingkan dengan aktifitas dia yang lain seperti ngobrol dengan teman, chat time, belajar, sekedar baca-baca, dan lain-lain.

Memang tidak begitu penting namun, tidak salah juga jika kita ingin kepo (kepingin tao). Misalkan pembuatan kopi cappucino, kopi ini memiliki tampilan yang unik pada permukaanya atau yang biasa disebut latte art. Biasanya sering kita temukan bentuk yang unik dari gambar emoticon, hewan, dan lain-lain.

Hal tersebut biasa dilakukan oleh si barista agar kesan kopi tersebut terlihat unik dan menarik. Gambar-gambar tersebut terbentuk secara presisi, ini bisa dilakukan dengan menggunakan pattern coffee mold atau alat pencetak. Berbeda dengan latte art pada coffee latte yang tidak begitu mudah dibuat dengan alat pencetak ini sangat mudah digunakan.

Alat pencetak tersebut identik dengan cocoa duster atau biasa disebut alat penabur coklat. Cocoa duster didesain berbentuk tabung untuk tempat bubuk coklat, yang mana terdapat wiremesh atau kawat-kawat tipis yang dianyam pada permukaan atas tabungnya. Hal ini difungsikan untuk tempat keluarnya bubuk coklat, karena terdapat wiremesh tersebut menjadikan bubuk seperti debu yang halus.

Cocoa duster berbentuk tabung yang terbuat dari stainless steel karena penggunaan untuk makanan harus menyesuaikan foodgrade. Ukuran yang ditemui dipasaran memiliki tinggi 9 cm dan diameter 5.3 cm, sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.

Bagi kamu nih sob….yang penasaran dan suka eksperimen buat-buat kopi dengan alat manual, alat ini perlu dimiliki disamping harganya cukup terjangkau dan mempermudah kamu untuk membuat latte art.

Cocoa duster atau alat penabur bubuk coklat (amazon.com)

Reply