Cita Rasa Kelas Dunia Kopi Mandailing yang Bisa Anda Nikmati di Indonesia

Jika mendengar kata kopi, Indonesia bisa di katakan surga yang tak akan pernah terhenti menghasilkan kopi terbaik. Bahkan saat ini jenis kopi termahal dunia seperti jenis kopi luwak ada di negeri ini.

Selain itu, ada juga jenis kopi termahal di dunia di jaman dulu, yaps itu adalah kopi madailing. Sampai detik ini, kopi yang mudah kita temukan di Sumatra ini menjadi favorit banyak orang, bahkan dari negara lain.

Tidak ubahnya gadis cantik yang mempesona, Kopi Mandailing memang sering jadi incaran para pecinta kopi karena rasa yang di milikinya sangat luar biasa. Ciri-ciri rasa-rasanya yang lembut dengan tingkat keasaman medium dibarengi rasa sensasi buah – buahan, membuat cita rasanya tetap menjadi idaman semua orang. Anda tidak percaya? Yuk coba kita ulas dalam artikel ini!

Sesuai dengan namanya, Kopi Mandailing atau oleh warga internasional disebutkan Mandheling, diambil dari nama suku sebagian besar di wilayah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kopi yang mulai diketahui oleh dunia semenjak tahun 1878 ini, ditanam di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1200 mdpl.

Kopi sejenis ini pertama kali sekali ditanam oleh pemerintah Hindia Belanda di wilayah Pekantan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dengan bibit penting yang secara khusus di datangkan dari Kopi Jawa. Kemudian, baru selanjutnya perkebunan kopi Mandailing muali di tanam besar besaran sampai ke wilayah Tapanuli Utara, Dataran Tinggi Aceh Gayo, sampai Aceh Tengah.

Kopi ini pernah dibahas oleh beberapa pakar kopi dunia untuk kopi dengan citarasa paling baik di dunia. Diantaranya ialah William H Ukers, yang menjelaskan di dalam dalam bukunya yang diedarkan di New York di tahun 1922, jika kopi ini jadi kopi paling baik di dunia, hingga lumrah bila waktu itu kopi Mandailing jadi salah satu jenis kopi paling mahal di dunia. Dimana selanjutnya saat ini, diganti oleh Kopi Luwak yang sekarang memperoleh predikat untuk kopi paling mahal dunia.

Ciri-ciri Rasa Kopi Mandailing

Bila kita mencari kualitas dan cita rasanya, tidak salah rasanya bila kopi ini jadi salah satu jenis kopi jagoan Indonesia di pasar internasional. Kopi Mandailing diketahui sebab cita rasanya yang kuat dengan keasaman medium, beraroma ciri khas dengan rasa sensasi buah – buahan dan after taste yang paling baik serta lebih lama. Dan yang paling menarik adalah jenis kopi ini akan sulit Anda temukan di tempat lain.

Oleh sebab ciri-ciri rasanya yang kuat itu, kopi ini tetap pas jadikan bahan fundamen beberapa resep kopi favorite dunia. Misalkan saja Coffee Latte, Espresso, Americano, Cappuccino dan lain-lain. Jadi lumrah saja bila kopi ini sering jadi target beberapa penggemar kopi, tidak cuma di Indonesia serta dunia.

Tetapi sayang, karena makin kurangnya jumlah petani kopi serta tempat yang ada, kopi Mandailing jumlah makin terbatas. Itu mengapa, kopi ini dipandang benar-benar spesial di sejumlah negara.

Walau sebenarnya, kopi Mandailing pernah berjaya untuk salah satu komoditas kopi export paling besar di Indonesia. Perihal ini pula yang menggerakkan beberapa perusahaan kopi untuk selalu melestarikan salah satu kekayaan bangsa ini. So, apakah Anda ingin menikmati kopi madailing?

Reply