Berkenalan Dengan Greenbean / Biji Kopi Terbaik

Kopi adalah jenis minuman terbaik dan sangat terkenal di seluruh dunia. Siapa yang tidak mengenalinya? Si hitam yang jujur ini, betul-betul jujur walaupun berasa pahit. Benar-benar gampang kita dapatkan dimana tempat kita duduk, dan tidak terkecuali Indonesian.

Dari demikian jumlahnya pecinta kopi, penggemar kopi atau sekedar hanya suka-suka, sedikit yang tahu bagaimana kopi itu sampai berupa cairan hitam di cangkir-cangkir peminumnya. Kelihatannya hal yang lumrah jika kita tahu bagaimana awal bentuk kopi ini saat mentah yakni berbentuk Biji Kopi atau Green bean.

Mengapasa saya mengulas mengenai Greenbean / biji kopi ini, sebab sangat banyak customer tidak paham akan arti atau beberapa kata yang kita katakan hingga harus berbelit-belit menerangkannya.

Greenbean / biji kopi yang kita minum berupa hitam ini sudah melalui proses yang benar-benar panjang, dari mulai berbuah, diambil, dijemur, dikupas, dibakar, dihancurkan serta dipanaskan lagi. Tetapi, pada kesempatan ini kita tidak mengulas rentetan tingkatan itu, namun kita lihat di saat ia masih mentah berwarna hijau, berikut kenapa ia disebutkan green bean “biji hijau”.

Sebelum jadi green bean/biji kopi, berupa buah kopi yang diambil di atas pohon. Yang masak berwarna merah, sedang kopi yang belum masak berwarna hijau memiliki kandungan nitrogen yang masih tetap tinggi. Di buah seperti cherry berikut biji kopi didapat.

Kandungan Greenbean / Biji Kopi

Senyawa yang terdapat dalam biji kopi mencakup cafein, tannin, thiamin, xanthine, spermidine, asam klorogenat, asetaldehida, guaiakol, asam sitrat, spermine, putresin, scopoletin. Untuk hal mineral, kopi terbagi dalam niacin, thiamin, magnesium, fosfor, folat serta mangan.

Tiap ciri-ciri green bean dari mulai sisi warna, aroma serta bentuk, berlainan bergantung pada varietas, klon, tempat tanam, budidaya serta penangan saat panennya. Hingga bila kita ingin menguraikan tiap tipe kopi yang berada di dunia dari ciri-ciri biji kopi pasti sangat banyak, tetapi dengan cara global serta lihat varietas paling banyak di dunia ada dua tipe, yakni Arabika (Coffeea Arabica) serta Robusta (Coffeea Canephora). Dua tipe ini sangat tidak sama dari mulai bentuk biji kopinya. Green Bean Arabika condong pipih memanjang serta Green Bean Robusta condong bundar.

Biji Kopi Arabika

Dari bagian nilai jual, arabika mempunyai harga yang lebih tinggi, karena proses budidayanya yang lebih susah serta memiliki rasa yang lebih kompleks dan pastinya luas. Bila memperbandingkan di antara satu tipe Arabika dengan tipe Arabika yang lain memiliki ketidaksamaan rasa yang cukup relevan. Kekayaan citarasa Arabika sudah disadari oleh luar negeri.

Ciri-ciri keunikan dari green bean arabika berupa pipih, lonjong, memanjang serta memiliki center cut ditengah-tengah biji kopi, berwarna lebih jelas, meskipun sebetulnya opini ini menurut saya warna jelas di ini dapat di peroleh dari skema proses saat panen Arabika yang umumnya memakai cara Wet Process.

Biji Kopi Robusta

Meskipun termasuk low profil tetapi sebetulnya cukup banyak para pecinta kopi yang malah lebih senang pilih kopi tipe robusta sebab keteguhan rasa-rasanya yang bisa di katakan pahit, pas untuk pekerja malam yang biasanya mununtut otak serta peredaran dalam badannya selalu harus mendidih, dan hal itu di karenakan kandungan kafeinnya yang lebih tinggi.

Karakter keunikan dari green bean Robusta berupa bundar, simpel memiliki bentuk sesimpel rasa-rasanya. Untuk warna lebih condong di antara kuning serta kehijau-hijauan.

Mana yang Terbaik Antara Greenbean / biji kopi Robusta dan Arabika?

Secara pribadi saya tidak bisa mengatakan mana yang terbaik antara Greenbean / biji kopi robusta dan arabika. Tapi secara umum saya sangat suka dengan kopi robusta. Mengapa demikian? karena saya bisanya saat pagi kerja dan ketika malam saya mulai menulis artikel untuk update blog saya.

Nah, karena Greenbean / biji kopi robustas mengandung kafein lebih tinggi itulah yang membuat saya menyukainya. Dan biasanya saat meminumnya mata akan lebih melek di malam hari. So, ini bisa Anda gunakan lho yah jika juga bekerja saat malam hari.

Reply