Begini Membuat Kopi dengan Aeropress yang Benar!

Banyak cara yang dapat Anda pakai untuk menyeduh kopi favorite Anda. Diantaranya dengan Aeropress. Aeropress ialah satu alat seduh kopi manual yang dibuat oleh orang berkebangsaan Amerika yang namanya Alan Adler di tahun 2005. Aeropress di klaim dapat menghasilkan rasa kopi sepekat espresso, sesuai tagline yang ‘dikemas’ di mereknya, Aeropress “coffee and espresso maker”.

Aeropress jadi alat seduh yang pas dipakai untuk bikin kopi secara cepat serta membuahkan kopi “sekuat” espresso. Disamping itu, alat ini gampang dibikin bersih. Kemungkinan kekurangannya, alat ini tidak pas jika Anda ingin buat kopi dalam jumlah yang banyak. Akan ribet. Yang penting ialah, kita dapat buat kopi dengan gampang dan pastinya enak.

Untuk membuat kopi luar biasa mantap, Anda perlu menyiapkan beberapa alat di bawah ini!

  • Aeropress
  • Aeropress Paper Filters
  • Grinder kopi
  • Biji atau bubuk kopi favorite Anda
  • Timbangan/scale atau sendok ukuran kopi
  • Kettle
  • Mug kopi favorite Anda

Bagaimana Membuat Kopi dengan Aeropress yang Benar?

Nah, selanjutnya Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat kopi dengan cita mantap memaki Aeropress. Lebih lengkapnya Anda simak di bawah ini!

1. Panasi Air

Panaskan air sampai kira-kira 85 derajat celcius

2. Grind biji kopi favorit

Selagi tunggu air panas, grind/giling biji kopi Anda di ukuran sedikit halus seputar 20 gr (pakai timbangan atau sendok takar kopi). Jumlahnya biji kopi yang dipakai juga bisa sesuai hasrat Anda.

3. Set Up Aeropress

Masukkan kertas filter ke tutup/filter cap selanjutnya dibasuh dengan air panas terlebih dulu. Selanjutnya kenakan ke chamber-nya serta langsung ditempatkan di atas mug Anda. Mug yang Anda gunakan harus kuat/kuat, sebab kelak kita sedikit akan menekannya.

4. Aduk serta Angkat

Ketika air telah panas, tempatkan bubuk kopi ke chamber aeropress. Tuangkan air panas seputar 200 ml (sesuai dengan hasrat, makin berkurang air, rasa kopi makin pekat) kemudian aduk seputar 10 detik atau 20 kali (memakai alat pengaduk yang ada pada 1 paket aeropress). Kembali lagi jumlah yang tercantum di sini cuma contoh, Anda dapat mengubah banyaknya sesuai hasrat Anda.

5. Tekan

Setelah diaduk, Anda bisa menunggu kurang lebih 30 detik, selanjutnya pencet plunger dengan tangan Anda dengan cara perlahan-lahan. Makin halus gilingan kopi tersebut, maka harus  makin berat menekannya. Tapi jangan khawatir, ini tidak akan berlangsung lama kok. Sesudah plunger sudah didesak sampai ujung, cabut plunger. Kopi juga siap untuk diminum. Kurang lebih waktu yang diperlukan untuk menyeduh kopi dengan Aeropress ialah seputar 2 menit.

Bagaimana? Sangat mudah kan yah cara membuat kopi mantap dengan menggunakan Aeropress. Dengan mengetahui cara ini Anda bisa membuat kopi yang enak sendiri di rumah tanpa harus datang ke cafe kopi yang memang sudah sangat menjamur di beberapa kota besar.

Apakah Anda cara yang bisa saya gunakan untuk membuat rasa kopi mantap selain menggunakan Aeropress? So pasti ada! Coba Anda baca ulasan singkat di bawah ini!

Inverted Method

Selain cara di atas, ada lagi satu cara yang seringkali dipakai yang diketahui dengan arti ‘inverted method’ atau cara terbalik. Triknya cukup dengan mengubah aeropress Anda. Jadi plunger ada di bawah serta filter cap di atas. Saat kopi, air telah diisi serta ditutup dengan filter cap, balikkan Aeropress dengan menempatkannya di mug Anda, selanjutnya pencet seperti umumnya.

Bahkan saya liat banyak yang memakai inverted method atau cara terbalik ini sebab caranya yang unik serta rasa yang dibuat semakin nikmat. Anda dapat juga cobanya sendiri, serta rasakan cara mana yang pas dengan Anda. Selain cara, Anda dapat juga mengganti formasi kopinya, kemungkinan dari jumlah kopi atau jumlah airnya, temperatur airnya (temperatur air yang direferensikan untuk aeropress ialah seputar 80 derajat celcius) untuk memperoleh citarasa kopi yang sesuai kegemaran Anda.

Janganlah lupa, sesudah menggunakan alat kopi, Anda langsung membersihkannya terlebih dahulu.. Sebab bagaimana pun cara dan alat yang Anda pakai, jika alatnya kotor, karena itu rasa kopi yang dibuat tidak enak.

Reply