Barista Adalah Gaya Hidup Kekinian yang Sering Ditemui Dibeberapa Negara

Mungkin Anda akan bertanya mengapa barista di sebut gaya hidup kekinian ? Sebab saat ini barista sangat banyak peminatnya. Hal itu tidak lepas dari semakin bertambahnya jumlah penikmat kopi, maka dari itu pembuat kopi mantap juga semakin di minati.

Bagi orang awan tentu akan kurang mengenal dengan istilah Barista. Tapi bagi mereka para pencinta kopi tulen pasti tahu, apa itu barista. So, apakah Anda tahu ? Jika memang Anda belum mengetahuinya, mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Barista?

Pada umumnya barista dapat di artikan sebagai orang yang memiliki ketrampilan dalam menyiapkan dan menyajikan kopi espresso secara profesional. Tapi dengan catatan kopi yang di hasilkan harus mantap dan nikmat lho.

Sedangkan secara teknis definisi dari barista ialah orang yang sudah terlatih secara professional untuk membuat kopi espresso. Tidak hanya itu saja, tapi juga memiliki keahlian dalam meracik kopi dengan berbagai campuran seperti halnya kopi latte atau cappuccino.

Apa Saja Tugas Barista

Beberapa pakar menyebutkan bahwa secara etimologi, istilah barista berasal dari Bahasa Italia yang berarti orang yang menyajikan minuman atau bartender. Perlu Anda ketahui, di Italia sebutan untuk seorang barista laki-laki ialah baristi, sedangkan untuk perempuan disebut bariste.

Namun dengan terus berjalannya perkembangan waktu dan masuknya tren kopi ke Amerika dan Eropa, membuat kata barista kemudian diadopsi menjadi sebutan untuk seorang peracik kopi seperti yang kita kenal kini.

Seiring berjalannya waktu, saat ini popularitas barista semakin meningkat yang berjalan lurus dengan perkembangan kopi yang kian tahun juga meningkat. Bahkan dari beberapa data yang kami kumpulkan, gengsi dan popularitas para peracik kopi pada negara yang mempunyai kultur minum kopi, seorang barista bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar.

Walaupun pekerjaannya mungkin terlihat sepele, dimana dia hanya perlu membuat dan menyiapkan minuman berbagai jenis kopi, tetapi untuk menjadi barista yang dapat diterima penikmat kopi bukan perkaya mudah.

Dalam hal ini akan diperlukan latihan demi latihan, bahkan di antara mereka tidak jarang harus mengikuti kelas-kelas dan pelatihan barista selama bertahun-tahun terlebih dahulu.

Pada umumnya, mungkin Anda telah mengetahui bahwa tugas barista ialah membuat dan menyiapkan aneka minuman kopi dengan memakai mesin espresso yang cenderung rumit atau secara manual di kedai-kedai kopi, kafe, bar-bar kopi atau juga beberapa coffee shop.

Tapi yang pasti seorang barista harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai kopi dan variasi campuran kopi supaya dapat menyiapkan secangkir kopi yang enakntuk setiap penikmatnya. Tidak hanya itu saja, dalam hal ini diperlukan skill atau keterampilan tambahan lagi untuk meramu kopi, seperti apakah campuran kopi harus di-froth, di-steam atau di-foam.

Mengapa Banyak Orang yang Ingin Menjadi Barista?

Seperti yang telah du jelaskan di atas, saat ini orang banyak mulai melirik pekerjaan untuk menjadi seorang barista. Mengapa demikian ? sebab dari pekerjaan ini bukan pekerjaan yang harus mengeluarkan otot. Selain itu penghasilan dari seorag barista saat ini juga sudah sangat lumayan untuk ukuran pekerja swasta.

Bayangkan saja, beberapa cafe shop di kota besar bahkan saat ini sudah berani membayar semua baristanya dengan angkat Rp.2.500.00 an. Hal ini membuktikan bahwa seorang barista yang handal saat ini sangat di cari oleh beberapa pengusaha cafe shop.

Jadi tidak mengheranan jika sampai sebuah kompetisi barista kelas dunia yang sekarang dikenal dengan World Barista Championship (WBC), seperti tinju saja yah? Kompetisi yang satu ini biasanya akan rutin digelar setiap tahun di berbagai negara berbeda.

So, jika sudah seperti ini, apakah masih ada yang akan menyepelekan pekerjaan seorang barista ? Jika mereka mengetahui berapa penghasilan mereka, pasti akan berfikir 2x untuk mengecilkan nama seorang barista.

Di kota besar saja seperti Indonesia, banyak seorang barista yang temen temennya seorang artis papan atas. Kok bisa ? seperti yang Anda tahu banyak artis yang suka minum kopi, nah untuk menikmati kopi tersebut dia akan datang dan menyampaikan kopi kesukaannya pada barista. Dari sana biasanya mereka akan saling kenal.

Reply