Bagaimana Perawatan Kebun Kopi Yang Benar?

Pengetahuan mengenai kebun kopi saat ini masih bisa bisa kita katakan banyak orang belum mengetahuinya. Salah satu penyebab terbesarnya yaitu karena sebagian masyarakat mulai banyak yang lebih tertarik dengan dunia di luar pertanian, misalkan saja mesin atau teknologi. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai fakta yang ada di kebun kopi.

Anda mungkin telah mengetahui bahwa kopi ialah komoditi yang saat ini tengah eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Sebelum menjadi sebuah kopi yang siap petik, tentunya ada beberapa hal yang mungkin dari sebagian kita belum mengetahui mengenai apa yang ada di kebun kopi.

Anda tidak akan tahu banyk jika tidak pernah terjun langsung ke tempat pertaniannya. Dan jika Anda ingin bertani kopi, saya telah menyiapkan bagaimana perawatan kebun kopi yang benar.

Cara Perawatan Kebun Kopi Yang Baik

Saya menulis ini berdasarkan survei pada beberapa kebun kopi di Indonesia. Dan Anda perlu yakin bahwa hal ini benar adanya1

1. Penyiraman tanaman harus dilaksanakan tekun khususnya di umur awal penanaman. Contohnya situasi cuaca yang ekstrim seperti kemarau membuat Anda harus pastikan situasi tanaman mempunyai cadangan air yang cukup. Pada umur 1 minggu pertama penanaman, karena itu seharusnya Anda lakukan penyiraman dengan cara teratur. Sesudah pohon berangsur besar karena itu kurangilah penyiraman tanaman itu.

2. Kapan pemupukan dilaksanakan, yang pertama pada umur pertama penanaman, setelah itu tiap enam bulan sekali. Upayakan Anda memakai tipe pupuk alami seperti pupuk kandang serta kompos. Kerjakan pemupukan pada musim hujan. Sebab pada musim hujan umumnya muatan faktor hara tanah semakin tinggi hingga makin gampang terserap oleh akar.

3. Pembersihan tanaman parasit di seputar tanaman kopi tumbuh. Kebun kopi baiknya memang seharusnya bersih. Tekankan untuk beberapa petani bersihkan rumput serta tanaman pengganggu yang lain yang umumnya ada di seputar tanaman tumbuh.

4. Bersihkan dari hama pengganggu tanaman. Pada umur tahun ke-2 tumbuh, tanaman kopi umumnya cukup rawan dengan masalah hama di luar. Hingga tuntut beberapa petani kopi harus rajin bersihkan misalnya ulat, serangga, serta beberapa binatang parasit yang lain yang umum mengganggu tanaman kopi. Pembersihan serta penjagaan seharusnya dengan memakai langkah alami untuk jaga kualitas dari tanaman kopi yang dibuat nanti.

5. Jaga supaya tanaman mempunyai supply matahari yang cukup hingga tidak baik di tanam di teritori yang terlindung dengan pohon besar. Cahaya matahari dibutuhkan untuk tumbuhnya tanaman itu.

Jadi rasa yang nikmat dari tanaman kopi dikuasai oleh proses perawatan serta pengamanan yang dilaksanakan oleh beberapa petani kopi. Beberapa petani kopi di Indonesia mempunyai usaha perawatan yang tersistem serta telah berpuluhan tahun menanam tanaman kopi untuk salah satunya tanaman komoditas eskpor. Kopi yang dibuat juga betul-betul cocok lezatnya, aromanya yang telah tercium sebelum kopi itu diseduh. Lihat beberapa hal utama di atas yang perlu ada pada budidaya tanaman kopi. Bibit kopi yang diambil juga harus dinyatakan untuk bibit kopi paling baik.

Apakah Kebun Kopi Bisa Menghasilkan Banyak Uang?

Jika Anda berbicara mengenai uang dan kopi, tentu hal itu akan sangat erat kaitannya. Anda tahu, bahwa kopi saat ini menjadi minuman paling di sukai di dunia. Secara otomatis ini akan membuat kopi selalu rame permintaan. Dan bukan rahasia lagi jika kopi memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Bahkan tidak sedikit orang Indonesia yang kaya raya karena mereka tekun dalam bertani kebun kopi.

Sebagai negara dengan penghasil kopi terbanyak nomer 4 di dunia, Anda sebagai petani kebun kopi tidak akan pernah pusing kala mencari kopi di negeri ini. Bahkan hampir di setiap sudut kota akan bisa Anda temukan warung yang menjual kopi.

Hal ini tentu menjadi bukti bahwa sebagai petani kopi tidak akan pernah merugi karena tidak laku. Mungkin satu satunya kerugin yang bisa di alami adalah karena pohon di kebun kopi tersebut terserang penyakit.

Reply