Apa Itu Kopi Macchiato ?

Pada umumnya kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat mempunyai banyak jenis yang beragam. Dan hingga kini minuman yang khas dengan warna gelap ini menjadi minuman yang sangat melegendda keran sudah ditemukan sejak lama. Bahkan sampai sekarang, kopi tidak pernah kehilangan penggemarnya yang pada akhirnya semakin banyak ditemukan jenis kopi baru dari percampuran beberapa bahan yang bisa mempengaruhi cita rasa kopi.

Kopi merupakan salah satu hasil panen yang sudah menjadi komoditi andalan masyarakat Indonesia. Penikmat kopi bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi juga banyak di berbagai belahan dunia. Dari saking populernya, minuman ini sangat mudah ditemukan pada kedai atau bahkan menjadi campuran makanan di beberapa restaurant. Dan salah satu jenis kopi yang mempunyai rasa nikmat luar biasa adalah Kopi Macchiato.

Seperti yang telah banyak diketahui oleh sebagian dari masyarakat, kopi memiliki begitu banyak jenis muai dari kopi robusta, arabika, excesa, hingga Kopi Macchiato. Macchiato adalah salah satu jenis minuman yang masih belum terlalu di masyarakat. Ada banyak jenis kopi, bahkan hingga enam ribu species yang memiliki ciri tidak terlalu berbeda sehingga banyak orang kesulitan untuk mengidentifikasi satu persatu jenis kopi yang ada di dunia. Tetapi jelas kopi yang paling terkenal saat ini adalah kopi robusta dan arabika.

Pengertian Kopi Macchiato

Kopi Macchiato merupakan jenis kopi modern yang dibuat dengan campuran susu. Mmendengar nama kopi macchiato, pastia Anda telah mengetahui bahwa ini berasal dari Itali. Minuman yang satu ini sangat cocok untuk siapa saja yang senang dengan kopi yang ingin menikmati cita rasa kafe. Makna dari macchiato di lansir dari wikipedia yaitu bercak atau noda. Perlu di ketahui kopi ini terbuat sari kopi esspresso yang dibuat dengan tambahan susu. Dan memang cita rasa dari kopi yang satu ini sangat istimewa dan hampir mirip dengan rada dari cappucino.

Bagi Anda para penggemar Kopi Macchiato ini bisa menikmatinya dengan sensasi dingin karena memang kopi ini kebanyakan dinikmati dengan menggunakan es. Sensasi kopi yang manis dan juga dingin, tentu akan sangat menyegarkan dan bisa mengembalikan semangat Anda. Kopi jenis ini banyak digemari di kalangan masyrakat, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Jenis Kopi yang Digunakan untuk Membuat Macchiato

Minuman ini pada umumnya dibuat dari bahan dasar kopi yang sering dikonsumsi oleh semua orang. Perlu Anda ketahui kopi jenis robusta atau arabika merupakan bahan yang paling sering dipakai untuk membuat Kopi Macchiato. Anda tentu mengetahui bahwa rasa dari kedua jenis kopi tersebut meruapakan yang paling familiar di lidah masyarakat.

Keistimewaan Kopi Macchiato

Mungkin Anda bertanya apa keistimewaan dari kopi Macchiato di bandingakan dengan yang lainnya ? Keistimewaan yang ada pada Kopi Macchiato ini terletak pada penggunaan susu yang rendah kalori. Dalam hal ini untuk membuat jenis kopi ini memang sangat diperhatikan jenis susu yang dipakai supaya rasa dari kopi sesuai dengan apa yang diinginkan penikmatnya. Tidak hanya itu saja, kebanyakan dari kopi ini tidak diberi tambahan gula sama sekali. Tetapi banyak juga yang suka memesan dengan ditambahkan sedikit tambahan gula agar rasanya lebih manis.

Teknik Penyajian Kopi Macchiato

Kopi Macchiato merupakan kopi italia yang sebenarnya mempunyai cara penyajian yang sederhana, tetapi memang memiliki dasar penyajian yang khusus. Saat kopi jenis ini disajikan maka harus benar-benar dipastikan takarannya supaya mempunyai cita rasa atau perpaduan yang lezat. Nah, untuk Anda yang ingin mencicipi kopi Macchiato bisa datang ke kafe yang menjual berbagai macam kopi seperti halnya cappucinno, mocacino. Espressoo, picolo, dan yang lainnya.

Pada saat Anda membuat kopi Macchiato, Suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi ternyata mempunyai pengaruh yang sangat besar pada rasa dan juga aroma. Ada begitu banyak orang telah membuktikan bahwa kopi yang diseduh dengan susu tertentu akan mempunyai tingkat aroma dan keasaman yang berbeda. Dalam hal ini salah satu yang dapat dibandingkan dengan Kopi Macchiato untuk urusan kenikmatan dan kelezatannya adalah jenis kopi filters. Suhu air yang di pakai untuk membuat kedua jenis kopi tersebut biasanya berbeda dan rasa kopi juga akan sangat berbeda saat air memiliki suhu tertentu. Hal tersebut merupakan yang harus diperhatikan bagi para penyaji kopi suapay dapat membuat kopi dengan rasa yang pas.

Ada begitu banyak jenis kopi yang ditemukan ternyata bukan semata mata disebabkan jenis kopi yang dipakai, saja namun mengenai cara penyajiannyajuga. Selain itu, saat ini ada banyak jenis kopi dengan nama yang unik karena memang ada bahan tambahan yang digunakan seperti susu, gula, krimmer, atau bahkan bahan yang lainnya sehingga kopi bisa memiliki rasa yang sangat beragam. Sebagai salah satu minuman yang sangat populer di dunia sehingga tidak heran banyak juga yang mengkreasikan kopi sehingga menjadi minuman yang sangat beragam dan nikmat.

Kopi Macchiato hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis kopi yang telah mulai banyak dikenalkan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini ada begitu banyak yang menjual kopi dengan bahan yang sama namun memiliki nama yang berbeda. Nah, untuk Indonesia atau di warung tradisonal biasanya akan disebut dengan kopi susu biasa dengan es dan tanpa gula yang bisa lebih mudah untuk dimengerti oleh semua orang.

Reply