Apa Itu Kopi House Blend dan Cara Membuatnya

Sebagian orang memang semakin senang ngopi dengan single origin. Menurutnya, ini ialah langkah paling baik untuk nikmati ciri-ciri kopi yang detil. Tetapi, beberapa orang yang lain kurang menyenangi rasa valid dari single origin.

Oleh sebab hal itu, beberapa warung atau penjual kopi selanjutnya lakukan peracikan. Keinginannya ialah dapat membuahkan rasa yang setimbang serta lebih disenangi oleh customer. Hasil racikan atau blend ini selanjutnya melahirkan satu arti di dunia perkopian, yakni house blend.

Apa Itu Kopi House Blend?

Kopi house blend ialah kombinasi atau racikan dari beberapa macam kopi, baik varietas atau single origin. Tidak sama dengan single origin yang bermakna kopi dari satu wilayah khusus, kopi blend ialah kombinasi dari dua atau bisa lebih dari beberapa single origin. Maksudnya untuk memperoleh rasa yang semakin kompleks.

Kopi house blend ialah satu signature sebagai keunikan warung atau produk khusus. Menurut riwayat, penamaan kopi house blend merujuk pada suatu hal yang mewah seperti arti house wine. Ke-2 arti itu dipakai untuk menyebutkan satu racikan yang dibikin untuk jadi produk favorit.

Ada dua opini tentang cara membuat kopi blend. Opini pertama mengatakan jika blending dilaksanakan sebelum roasting. Langkah ini dipercayai dapat membuahkan rasa yang unik dengan cara bertepatan.

Opini ke-2 ialah blending yang dilaksanakan sesudah proses roasting per origin. Sebagian orang memandang jika tiap origin punyai ciri-ciri yang lain saat di-roasting dengan cara bertepatan. Dengan me-roasting-nya sendiri-sendiri saat akan di-blend, karena itu rasa kopinya akan optimal.

Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meracik House Blend

HOUSE blend dapat disebut salah satunya menu signature dari satu warung kopi. Kopi dapat datang dari origin mana saja, menu-menu kopi juga dapat di inspirasi dari negara apa, tetapi house blend ialah menu sebagai keunikan dari warung kopi tersebut. House blend ialah plesetan arti di dunia kopi. Ide ini merujuk pada suatu hal yang detil serta paling dipercaya, seperti dengan arti house wine. House blend bermakna suatu hal yang ciri khas serta tidak biasa namun memiliki kandungan faktor lokal. Menu ini tidak didapati dimana saja terkecuali cuma di ‘rumah’ —di warung kopi— hanya itu.

Karena itu sebelum kita tentukan serta mengolah house blend yang bisa menjadi keunikan dari warung kopi, ada banyak hal penting yang penting dibaca. Sebab seperti juga menyeduh, mengolah kombinasi kopi yang akan dibuat untuk signature yang sebagai wakil satu warung juga membutuhkan formula spesial yang tidak asal-asalan. Di bawah ini adalah beberapa poin penting yang penting diperhitungkan seperti berikut:

Tujuan/hasil akhir yang ingin diraih

Hal pertama yang penting diperhitungkan sebelum membuat house blend ialah hasil final yang ingin diraih. Sebelum kopi itu selanjutnya diseduh serta dirasa, ialah penting untuk pikirkan tujuan serta objektifitas dari kopi tersebut. Apa ciri-ciri detil serta rasa khusus yang ingin ditonjolkan lewat coffee blend itu? Apa kelebihannya? Dan sebagainya. Bila kita sudah pikirkan pertimbangan-pertimbangan ini, karena itu langkah selanjutnya akan bisa dipastikan dengan gampang. Contohnya seperti tentukan pembagian yang pas di antara acidity, sweetness serta bodi sesuai yang diperlukan.

Mengecek stol beans yang ada pada warung

Sebab mustahil mencampurkan biji kopi yang tidak ada pada inventori warung. Disini Anda harus tahu dan lakukan proses uji citarasa (cupping). Dan memang ini juga dibutuhkan supaya Anda bisa tahu bagaimana ciri-ciri biji kopi yang ingin di-blend tersebut. Secara singkat, untuk mengolah satu coffee blend kita harus memperhatikan kekhasan semasing biji kopi, bagaimana mereka sama-sama lengkapi keduanya serta apa yang akan dibawa semasing kombinasi ini di saat di-blend tidak cuma masalah rasa dan juga detil terkecilnya seperti unsur mouthfeel, aroma serta komplikasi flavor-nya.

Mesin serta perlengkapan yang dipakai

Walau kelihatan remeh, tetapi mesin kopi yang dipakai untuk menggongseng serta menyeduh punya pengaruh. Sebatas alasan, kopi yang sama bila disangrai serta diseduh pada mesin yang lain juga sering –meski tidak selalu– dapat memberi ketidaksamaan rasa juga. Karena itu, blend yang diperuntukkan untuk penggunaan komersial seperti untuk mesin Synesso, contohnya, pasti tidak sama dengan blend yang diperuntukkan untuk mengonsumsi rumahan dengan memakai Baby Gaggia.

Reply