Anjuran Waktu yang Terbaik untuk Minum Kopi

Bukan rahasia lagi bahwa hampri setiap orang memiliki kebiasaan minum kopi, khususnya untuk kaum laki laki. Tapi untuk waktu meminumnya tentu akan berbeda-beda. Di antara mereka ada yang memilih untuk meminumnya saat bangun pagi supaya rasa kantuk pada tubuhnya menghilang.

Tapi ada pula orang yang memilih untuk mengkonsumsinya di siang hari, dimana memang kebanyakan orang mulai mengantuk dan kehilangan konsentrasi untuk bekerja setelah makan siang. Mana yang lebih baik ? Simak ulasannya di bawah ini

Anjuran Minum Kopi Menurut Pakar

Menurut pakar kesehatan, waktu yang sangat tepat untuk minum kopi adalah jam 9:30 pagi. Mengapa demikian ?

Seorang pakar kesehatan neuropsikologi dan chronopharmacology yang bernama Steven Miller melakukan beberapa penelitian. Dari hasil penelitiannya tersebut mengonsumsi kopi saat bangun tidur ternyata sama sekali tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh manusia.

Hal itu di sebabkan adanya ritme sirkadian dan juga hormon kortisol pada tubuh. Ritme sirkadian tubuh merupakan pengendali kebiasaan tidur manusia sekaligus hormon kortisol. Dan kedua hal tersebut merupakan hal yang membuat Anda selalu waspada atau merasa mengantuk.

Kala Anda bangun tidur, hormon kortisol ini secara alami akan bekerja pada tubuh. Pada umumnya, puncak aktifitas hormon kortisol ini, berada di antara jam 8 hingga 9 pagi sehingga Anda akan cenderung bugar dan mudah untuk berkonsentrasi di pagi hari.

Dalam hal ini apabila Anda mengkonsumsi kopi pada saat setelah bangun tidur atau pada jam-jam dimana hormon kortisol ini sangat aktif, maka hal itu justru akan mudah mengalami sakit kepala, cemas, atau justru kelelahan saat siang hari.

Menurutnya waktu yang sangat tepat untuk mengkonsumsi kopi di waktu 90 menit hingga 2 jam setelah bangun tidur atau sekitar jam 9:30 sampai 11:30. Selain itu juga di anjurkan setelah jam makan siang, yakni 13:30 hingga jam 17:00. Dalam penelitiannya di sebutkan pada jam-jam tersebut, kadar hormon kortisol dalam darah cenderung menurun dengan drastis sehingga Anda bisa menggunakan manfaat kopi untuk bisa membantu kita mengatasi rasa kantuk tersebut.

Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Waktu minum kopi mungkin bisa Anda atur sendiri dengan kesibukan kerja yang cukup padat. Maka dari itu telah di siapkan di bawah ini penjelasan mengenai waktu yang baik untuk menikmati kopi, diantaranya :

Dua Jam Setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur godaan untuk minum kopi memang sangat kuat, sebab kantuk yang sangat berat pasti akan Anda rasakan. Tapi sebenarnya, seperti yang telah di jelaskan di atas ini bukan waktu terbaik untuk minum kopi.

Penyebabnya yaitu kadar hormon kortisol dalam tubuh sedang memuncak saat bangun tidur di pagi hari atau siang hari. Perlu Anda ketahui, hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh manusia.

Hal di atas secara tidak langsung menjelaskan mengapa beberapa orang dengan rutinitas ngopi di pagi hari merasa lesu di pagi hari jika belum ngopi. Minum kopi yang mempunyai manfaat baik malah akan membuat Anda kecanduan.

Maka dari itu apabila memang Anda biasa bangun pagi, waktu terbaik minum kopi kira-kira pada pukul 09.00-10.00 dimana saat hormon kortisol menurun. Tapi apabila memang Anda biasa bangun siang, paling tidak beri jeda sekitar dua jam setelah bangun tidur untuk minum kopi.

Dua Jam Setelah Makan Siang

Waktu terbaik minum kopi selanjutnya yaitu sesaat setelah makan siang. Hal itu di karenakan saat makan siang biasanya orang akan mulai merasa ngantuk dan sulit fokus. Maka dari itu, mengonsumsi kopi pada waktu tersebut dapat menjaga fokus Anda.

Tetapi disini hal yang perlu Anda perhatikan adalah jeda. Ingat, Anda jangan meminum kopi bersamaan atau segera setelah makan siang, sangat di rekomendasikan untuk memberi jarak sekitar satu atau dua jam. Hal itu bertujuan agar penyerapan makanan Anda akan lebih maksimal.

Selain memag mengganggu penyerapan makanan, minum kopi segera atau saat makan justru akan berpengaruh buruk bagi tubuh. Bahkan menurut penelitian, kombinasi lemak dan kafein secara drastis akan dapat meningkatkan gula darah hingga dua kali lipat. Perlu Anda ketahui, efek ini jika terjadi terus menerus bisa memicu diabetes.

Enam Jam Sebelum Tidur

Mungkin semua orang mengetahui bahwa zat terbanyak yang terkandung dalam secangkir kopi adalah kafein. Dimana zat ini mampu memberi lonjakan energi dengan membakar lemak dari darah, sehingga hal itu akan dapat membuat Anda bisa kembali bersemangat saat otak merasa lelah.

Maka dari itu banyak orang menganggap waktu terbaik minum kopi ialah saat begadang. Padahal faktanya, hal tersebut akan dapat mengganggu kualitas tidur apabila Anda adalah orang yang sensitif terhadap kafein.

Menurtu penelitian, efek zat tersebut bertahan cukup lama di tubuh. Walaupun memang tergantung ketahanan, berat badan, dan usia tiap orang, tapi kebanyakan ahli gizi sepakat bahwa sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kafein kurang dari enam jam sebelum tidur di malam hari.

Demikian beberapa Anjuran Waktu yang Terbaik untuk Minum Kopi, bagi Anda yang mungkin tidak bisa hidup tanpa kopi setiap hari. Sangat di rekomendasikan Anda menikmati kopi di waktu yang telah di jelaskan di atas. Tujuannya yaitu agar Anda tidak terkena dampak buruk. Jika tidak alih alih ingin mendapatkan manfaat malah Anda terkena penyakit parah.

Reply